Uji Coba Selesai, Mobil Balap Hidrogen Ini Siap Ikuti Balapan
Toyota GR Corolla Hydrogen. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring berkembangnya pasar mobil listrik berimbas pada berkurangnya minat pabrikan untuk mengembangkan mesin hidrogen di masa depan. Namun, beberapa pabrikan masih ingin menanamkan teknologi hidrogen pada mobilnya, salah satunya Toyota.

Toyota mengembangkan mobil hidrogen pada mobil balap mereka. Baru-baru ini, produsen mobil asal Jepang tersebut telah menyelesaikan uji coba tahap pertamanya.

Dilansir dari Carscoops, Kamis, 9 Maret, Toyota menggunakan GR Corolla sebagai bahan uji coba mobil balap berteknologi hidrogen. Mobil ini telah mengikuti ajang balap Super Taikyu di Fuji, Jepang beberapa waktu lalu.

Dalam uji coba ini, Toyota ingin memastikan bahwa untuk meningkatkan pembakaran yang optimal serta pembuangan gas yang lebih baik.

Meskipun begitu, Toyota GR Corolla Hydrogen tersebut masih terdapat banyak kelemahan. Hal itu diungkapkan oleh Masahiro Sasaki, selaku pembalap penguji. Ia menyebut bahwa masih banyak evaluasi perlu dilakukan agar mobil tersebut sempurna di masa datang.

"Pengujian ini juga menjadi bahan evaluasi yang penting bagi kami agar menjadi mobil balap yang sempurna di masa depan," ungkap Masahiro.

Toyota GR Corolla Hydrogen direncanakan akan mengikuti ajang Super Taikyu untuk musim 2023. Dilakukannya uji coba tersebut bertujuan tidak hanya untuk penghematan bahan bakar, melainkan juga menguji tingkat ketahanan untuk memastikan bahwa mobil balap ini layak digunakan untuk balapan.