The Fed Ingin Turunkan Harga Bitcoin, Begini Menurut Analis Kripto!
Tindakan The Fed pengaruhi pergerakan harga Bitcoin dan pasar kripto. (Foto; Dok. Bitcoin Exchange Guide)

Bagikan:

JAKARTA - The Federal Reserve AS merupakan bank sentral Amerika Serikat yang memiliki kekuatan besar dalam menentukan kebijakan moneter dan ekonomi negara tersebut. Namun, tindakan yang diambil oleh The Fed juga memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar kripto dan mata uang digital, seperti Bitcoin.

Baru-baru ini, seorang analis kripto populer, Nicholas Merten, mengungkapkan pandangannya tentang bagaimana kebijakan The Fed dapat mempengaruhi harga Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan. Analis kripto terkenal, Nicholas Merten, memperingatkan bahwa tindakan Federal Reserve AS dapat memicu penurunan harga Bitcoin (BTC) dan pasar kripto secara keseluruhan.

Dalam sebuah video terbaru di saluran YouTube-nya, DataDash, Merten mengungkapkan pandangannya bahwa tindakan Fed yang terus-menerus menaikkan suku bunga sebagai cara untuk melawan inflasi dapat menyebabkan malapetaka di industri kripto.

Merten juga menyatakan bahwa kesaksian terbaru dari Ketua Fed Jerome Powell kemungkinan akan mendorong Bitcoin di bawah level 20.000 dolar AS (setara Rp308 jutaan) dalam waktu dekat karena Fed memunculkan jebakan likuiditas.

Menurut Merten, Fed telah lama menggunakan mekanisme narasi flip-flop untuk menyerap likuiditas dari ekonomi riil ke dalam pasar keuangan. Fed melakukan ini dengan memberikan alasan untuk menambah likuiditas ke dalam sistem dan terus mencapai target inflasi dua persen.

Dia menjelaskan bahwa Fed telah melakukan ini selama sebagian besar dekade terakhir, dan satu-satunya perbedaan kali ini adalah bahwa mereka memanfaatkan euforia dan optimisme pasar sebagai cara untuk menjebak likuiditas dan menyerap likuiditas dari ekonomi riil.

Merten juga mencatat bahwa kripto masih sangat terkait dengan pasar tradisional. Ia menekankan bahwa jika harga BTC turun, para trader akan dengan senang hati membeli Bitcoin di kisaran harga antara 13.000 dolar AS (sekitar Rp200 jutaan) dan 14.000 dolar AS (Rp216 jutaan).

Meskipun Merten mengatakan bahwa harga Bitcoin mungkin tidak turun hingga  7.000 dolar AS (Rp108 jutaan) atau 10.000 dolar AS (Rp154 jutaan), ia mengatakan bahwa penurunan harga hingga 14.000 dolar AS atau 13.000 dolar AS mungkin saja terjadi.

Meskipun demikian, Merten tetap mengimbau para investor untuk memperhatikan tindakan Fed dan kesaksian terbaru dari Powell. Menurutnya, langkah-langkah Fed dapat memicu gejolak di pasar kripto, dan para investor harus waspada terhadap hal ini.

"Satu setengah bulan terakhir telah menjadi bukti yang cukup lengkap bahwa kripto belum terpisah dari segalanya, dan mungkin Bitcoin tidak akan turun hingga 7.000 dolar AS atau 10.000 dolar AS, semacam penurunan besar yang tidak masuk akal yang secara umum sejalan dengan pasar beruang kripto tradisional, mungkin masih akan turun ke 14.000 dolar AS atau 13.000 dolar AS, saya akan dengan senang hati menunggunya."

Merten menegaskan bahwa pasar kripto masih sangat volatil dan penuh dengan ketidakpastian. Namun, dia mengingatkan para investor bahwa kripto adalah aset yang bisa memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang, asalkan mereka memahami risiko yang terkait dan melakukan riset dengan baik sebelum berinvestasi.

Selain itu dia juga memperingatkan meski cryptocurrency bisa memberikan keuntungan untuk jangka panjang, kripto tidak terlepas dari risiko. Oleh karena itu memahami risiko terkait merupakan tindakan bijak sebelum berinvestasi. Saat penulisan, Bitcoin diperdagangkan di level Rp335.811.017 menurut data Coingecko. Harga BTC mengalami penurunan 2 persen dalam 24 jam terakhir.