Terpengaruh Kebijakan The Fed, Market Kripto Kembali Pulih
Ketua The Fed Jerome Powell. (Foto; Dok. Blockmedia)

Bagikan:

JAKARTA - Jerome Powell, Ketua Federal Reserve atau yang lebih dikenal dengan Fed, memberikan pidato pembukaan dalam Konferensi Pers FOMC. Dalam pidatonya, Powell menegaskan bahwa komite sangat komitmen untuk mencapai target inflasi sebesar 2 persen.

Sebagai informasi FOMC (Federal Open Market Committee) adalah komite yang bertanggung jawab untuk membuat kebijakan moneter di Amerika Serikat, seperti menentukan tingkat suku bunga.

Powell menjelaskan bahwa stabilitas harga adalah pondasi utama dalam perekonomian. Dia juga menyatakan bahwa kenaikan harga yang terjadi saat ini merupakan hal yang tepat untuk mengembalikan tingkat inflasi ke 2 persen. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan yang terlalu dini dan memperlambat langkah dalam melonggarkan kebijakan.

Menurut Powell, sejarah telah memberikan peringatan keras tentang tindakan pelonggaran yang terlalu cepat. Ia berjanji akan tetap bersikeras hingga pekerjaan selesai. Reaksi pasar atas pidato Powell, pasar kripto mengalami penurunan sebesar 1 persen pada harga Bitcoin dan Ethereum.

Butuh Waktu

Menurut laporan Coingape, Powell mengungkapkan bahwa bank sentral membutuhkan waktu untuk menyadari efek dari tindakan pengetatannya dan bahwa mereka akan tetap berada di jalur ini hingga pekerjaan selesai.

Powell menambahkan bahwa meskipun inflasi telah berkurang baru-baru ini, saat ini masih terlalu tinggi. Ia meminta lebih banyak bukti untuk memastikan bahwa inflasi berada pada jalur penurunan yang berkelanjutan.

Pihak Federal Reserve AS memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Februari. Keputusan ini dapat dipahami sebagai perlambatan dalam upaya bank sentral untuk mengurangi inflasi. Namun, Powell mengatakan bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

Reaksi pasar pada keputusan kenaikan suku bunga tersebut beragam. Indeks Dolar AS (DXY) sedikit pulih setelah penurunan sebelumnya, sementara pasar kripto bereaksi positif. Saat ini, harga Bitcoin (BTC) naik 0,49 persen menjadi 23.192 dolar AS. Indeks Dolar AS saat ini turun 0,24 persen menjadi 101,85.