WeChat Menambahkan Dukungan untuk Mata Uang Digital China pada Layanan Pembayarannya
WeChat mendukung fungsi pembayaran cepat dompet yuan digital. (foto: twitter @wechatid)

Bagikan:

JAKARTA - WeChat, aplikasi jejaring sosial dan pembayaran terkemuka di China, telah menambahkan mata uang digital bank sentral China (CBDC) ke layanan pembayaran mereka, menurut laporan media lokal. Langkah ini bertujuan untuk memperluas daya tarik yuan digital.

Sekarang WeChat mendukung fungsi pembayaran cepat dompet yuan digital, menjadikannya platform pembayaran kedua setelah Alipay.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan yuan digital untuk pembayaran pada beberapa mini-program WeChat dan platform lainnya. Versi uji coba aplikasi yuan digital "Manajemen Pembayaran Cepat Dompet" saat ini mencantumkan 94 platform pedagang yang dapat diakses, termasuk WeChat.

WeChat Pay sekarang memungkinkan pembayaran yuan digital pada aplikasi tertentu, seperti memesan makanan dari McDonald's dan membayar tagihan.

Dilaporkan Cointelegrahp, pengguna harus memberikan otorisasi pada operator dompet yuan digital untuk menyinkronkan nomor telepon seluler WeChat mereka untuk berhasil mengaktifkan fungsi pembayaran cepat dompet WeChat.

Setelah diaktifkan, pembayaran kepada pedagang yang mendukung yuan digital dapat dilakukan melalui aplikasi WeChat. Integrasi tambahan diharapkan menjadi tersedia secara bertahap.

"Konsumen China sangat terkunci dalam WeChat Pay dan Alipay, tidak realistis untuk meyakinkan mereka beralih ke aplikasi pembayaran seluler baru," kata Linghao Bao, analis di Trivium China, sebuah perusahaan penasihat strategis. "Jadi, masuk akal bagi bank sentral untuk bekerja sama dengan WeChat Pay dan Alipay daripada melakukannya sendiri."

Yuan digital, juga dikenal sebagai e-CNY, sedang diuji coba di setidaknya 26 provinsi dan kota China. Token ini mengalami lonjakan volume transaksi di platform e-commerce China selama musim belanja Tahun Baru Imlek 2023, dibantu oleh pemberian e-CNY dari otoritas.

Pada Desember 2022, Alipay mengumumkan aksesnya ke jaringan penerimaan yuan digital, memungkinkan pengguna untuk menghabiskan konsumsi yuan digital pada platform yang dilayani oleh Alipay, termasuk Taobao, Bus Shanghai, Ele.me, Youbao, Tmall Supermarket, dan Hema.