Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi perpesanan asal China, WeChat, telah menangguhkan setidaknya selusin akun yang terkait dengan non-fungible token (NFT). Tindakan ini  bertujuan untuk mencegah spekulasi dalam aset digital termasuk transaksi mata uang.

NFT adalah aset kripto yang mewakili item digital seperti gambar atau video. Mereka biasanya didasarkan pada platform blockchain, terutama Ethereum, di mana orang-orang membayar token dalam cryptocurrency.

WeChat mengatakan telah menstandardisasi dan memperbaiki akun yang mempromosikan spekulasi pasar NFT minggu lalu, yang dapat membantu menaikkan harga.

Pelanggan yang mencoba mengakses halaman yang ditangguhkan diperlihatkan pesan yang mengatakan masing-masing tidak memiliki izin atau lisensi resmi untuk menerbitkan, menyebarluaskan, atau terlibat dalam kegiatan bisnis terkait.

Memang, saat ini tidak ada peraturan khusus terhadap NFT di China. Namun, penambangan dan perdagangan cryptocurrency dilarang oleh pihak berwenang tahun lalu.

Melansir The Independent, Senin, 4 April, tetapi apa yang dilakukan WeChat sudah sesuai dengan peraturan nasional yang relevan, untuk mencegah risiko spekulasi dalam transaksi mata uang virtual. Langkah itu dilakukan ketika industri teknologi China berada di bawah pengawasan ketat oleh pihak berwenang.

Sektor ini telah melihat sejumlah besar tindakan resmi terhadapnya sejak tahun lalu, termasuk tindakan keras terhadap perusahaan e-niaga, layanan keuangan online, platform media sosial, perusahaan gim, penyedia komputasi awan, aplikasi ride-hailing, penambang dan pertukaran cryptocurrency.

Bahkan setelah semua tindakan, perdagangan NFT masih tidak ilegal di China. Tetapi, aset digital dibangun di atas teknologi yang diatur oleh Beijing, bukan di atas blockchain seperti Ethereum.

Di bawah aturan, pembeli harus membeli NFT dalam mata uang lokal, yuan, daripada cryptocurrency yang telah dilarang.

NFT sendiri disebut-sebut sebagai jawaban digital untuk koleksi. Namun, mereka tidak memiliki bentuk nyata mereka sendiri, dan para ahli telah memperingatkan tentang risiko di pasar. Tetapi, aset unik seperti ini sering kali dijual dengan harga ribuan, bahkan jutaan dolar.