Meta Diminta Senator AS Tak Beri Akses Horizon Worlds ke Pengguna Remaja yang Lebih Muda
Meta berencana membuka Horizon Worlds untuk remaja. (foto: dok. Horizon Worlds)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah muncul laporan Meta berencana membuka Horizon Worlds untuk remaja, dua senator Amerika Serikat (AS) sekarang meminta perusahaan untuk mempertimbangkan kembali.

Platform video gim virtual reality (VR) Meta saat ini berusia 18 plus, tetapi terdapat dokumen internal yang mengindikasikan perusahaan berencana menarik anak-anak untuk bergabung.

Kemungkinan besar, tujuan Meta untuk menumbuhkan basis penggunanya yang diduga sedang goyah. Melalui sebuah surat yang ditujukan kepada CEO Meta Mark Zuckerberg, Senator Massachusetts Edward J. Markey dan Senator Connecticut Richard Blumenthal menyatakan keprihatinan atas rencana Meta itu.

Di mana mereka berencana membuka basis pengguna Horizon World kepada pengguna 13 tahun. Hal ini karena pengguna remaja rentan mengalami intimidasi dan pelecehan di Horizon Worlds, menderita ketegangan mata serta mudah mual, dan bagaimana Meta mungkin mengumpulkan data pengguna di bawah umur.

Mengutip kekhawatiran yang diangkat oleh penelitian sebelumnya tentang dampak Meta pada kesehatan mental remaja, Markey dan Blumenthal mengatakan mengundang remaja ke lingkungan tersebut menimbulkan risiko serius.

"Rencana Anda untuk segera menarik orang-orang muda ini ke dunia maya yang berpotensi berbahaya dengan konsekuensi kesehatan fisik dan mental mereka tidak dapat diterima," ungkap Markey dan Blumenthal dalam surat tersebut.

"Strategi apa pun untuk mengundang pengguna muda ke ruang digital yang penuh dengan potensi kerugian tidak boleh didorong oleh tujuan untuk memaksimalkan keuntungan," imbuhnya.

Di samping itu, Markey dan Blumenthal semakin meragukan kemampuan Meta untuk melindungi pengguna muda, mengutip eksploit di aplikasi Messenger Kids Facebook, dimana pengguna di bawah umur mudah berbicara dengan orang asing.

Para senator juga mengutip The Wall Street Journal (WSJ), di mana sebanyak 32 persen laporan gadis remaja yang menyatakan Instagram membuat mereka merasa lebih buruk tentang tubuh mereka, dan Meta menyadari hal ini.

"(Meta memiliki) rekam jejak kegagalan yang terdokumentasi untuk melindungi anak-anak dan remaja," ujar Markey dan Blumenthal, seperti dikutip dari Engadget, Selasa, 7 Maret.

Keprihatinan dua senator AS ini datang karena raksasa media sosial itu telah menghadapi pengawasan selama bertahun-tahun atas dampaknya terhadap pengguna muda.

Sebagai informasi, angka pengguna aktif bulanan Horizon dikatakan telah berada di 200.000 pada Januari. Meta dilaporkan berharap untuk meningkatkan jumlah itu menjadi setengah juta pada akhir Juni dan satu juta pada akhir tahun.

Memo internal menunjukkan bahwa perusahaan melihat pengguna yang lebih muda sebagai kunci untuk membantunya mencapai tujuan tersebut. Meta juga berencana untuk segera merilis versi seluler dan web Horizon Worlds.