Bursa Kripto OKX Blokir Akun Pelaku Manipulasi Pasar Token CELT
Bursa kripto OKX. (Foto; Dok. Muadung)

Bagikan:

JAKARTA - OKX, salah satu bursa kripto terkemuka, telah mengambil tindakan tegas terhadap lima akun yang terlibat dalam manipulasi pasar token Celestial (CELT). CELT adalah token asli dari proyek metaverse Celestial, yang baru-baru ini mengumumkan pembuatan game blockchain baru.

Pengembang Celestial mempromosikan game tersebut di media sosial menggunakan merek OKX, menyebabkan harga CELT naik hingga hampir 200 persen. Namun, dalam 24 jam terakhir, harga CELT turun lebih dari 50 persen. Hal ini menimbulkan tuduhan perdagangan orang dalam (insider trading).

Menanggapi tuduhan ini, OKX membantah memiliki hubungan bisnis dengan Celestial dan tidak mengizinkan promosi tersebut. OKX juga melakukan investigasi dan berhasil menemukan akun-akun yang mencurigakan.

Menurut OKX, CELT adalah proyek Gamefi yang diinvestasikan oleh OKX Ventures pada September 2021 dengan jumlah investasi sebesar 100.000 dolar AS (Rp1,5 miliar). Token yang relevan akan dibuka dalam waktu satu tahun dan dikunci di akun OKX Ventures tanpa operasi apa pun. Selain itu, OKX Ventures tidak memiliki hubungan dengan pihak proyek.

OKX telah membekukan 714.381 USDT yang dipegang oleh akun-akun tersebut dan mengatakan bahwa proyek Celestial setuju untuk mengembalikan 1,3 juta Tether (USDT). Perusahaan yang berbasis di Seychelles ini juga berkomitmen untuk mengembalikan jumlah tersebut kepada para pengguna yang terkena dampak dan mengalokasikan tambahan 1 juta USDT untuk penggantian.

OKX mengatakan bahwa mereka tegas melarang tindakan ilegal seperti manipulasi pasar dan menuntut pengembalian dana kepada pihak-pihak yang dirugikan. OKX juga akan memangkas saldo dari kelima akun pelaku manipulasi pasar CELT.

"Menurut 4.15 dari Ketentuan Layanan Pengguna OKX, 'OKX dengan tegas melarang tindakan jahat seperti manipulasi pasar, dan memiliki hak untuk mengembalikan hasil ilegal dari manipulasi pasar kepada pengguna yang dirugikan. OKX akan memotong seluruh saldo sebesar 2.014.381 USDT dari 5 akun manipulasi pasar. Selain itu, OKX juga akan menyumbangkan 1 juta USDT dari dana sendiri."

OKX berkomitmen untuk membagikan total 3.014.381 USDT kepada mereka yang membeli token CELT antara pukul 12:00 pada 25 Februari dan 12:00 pada 28 Februari waktu Hong Kong yang mengalami kerugian. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan untuk mencegah dampak buruk bagi pengguna.