AS Roma Terima <i>Cryptocurrency</i> untuk Pembayaran <i>Merchandise</i>
AS Roma terima pembayaran kripto untuk pembelian merchandise klub. (Foto; Dok. Cripto Tendencias)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma, klub sepak bola ternama Italia, kini menerima pembayaran menggunakan DigitalBits (XDB) yang disebut sebagai "blockchain terkemuka untuk merek". Pembayaran ini dapat dilakukan di lima toko ritel utama klub, termasuk Via del Corso, Piazza Colonna, Ottaviano, Porta di Roma, dan zona penggemar di Stadio Olimpico.

Berdasarkan siaran pers yang dibagikan dengan CryptoPotato, pelanggan dapat membeli merchandise bermerek AS Roma menggunakan DigitalBits. Pembayaran dilakukan melalui dompet seluler AstraX dengan memindai kode QR, di mana pembayaran diproses dalam beberapa detik, dan pelanggan diberikan uang kembali melalui XDB.

Pembayaran tersebut diproses oleh blockchain DigitalBits, dengan dukungan tambahan dari pemrosesan pembayaran Coinbar. Menurut Daniele Mensi, Direktur Pelaksana di DigitalBits Foundation, "ini adalah langkah besar bagi komunitas DigitalBits karena kami ingin mendorong adopsi kripto dan Web3."

Mensi juga menganggap kemitraan ini sebagai langkah selanjutnya yang sempurna dalam memberikan pengalaman orientasi yang ramah konsumen kepada generasi pengguna Web3 berikutnya. AS Roma menjadi organisasi sepak bola profesional pertama yang menggunakan teknologi blockchain.

Pada akhir tahun 2021, klub bisbol Australia Perth Heat juga bergabung dengan standar Bitcoin yang lengkap, menerima pembayaran dan mengubah sebagian besar neraca keuangannya menjadi BTC. Namun, pembayaran kripto masih menjadi tantangan bagi banyak bisnis dan merek karena volatilitas harga yang tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak bisnis menyediakan layanan yang mengubah kripto menjadi fiat pada titik penjualan, meskipun solusi ini membutuhkan penyimpanan terpusat untuk kripto konsumen. Oleh karena itu, langkah AS Roma dalam menerima pembayaran kripto diharapkan dapat memperluas adopsi kripto dan memperkenalkan teknologi blockchain ke arus utama.