Makin Beragam, Pencarian Terkait <i>Platform Streaming </i> 60 Persen
Contoh platform streaming Netflix (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Popularitas media digital semakin meningkat di Indonesia yang didorong oleh beragamnya pilihan untuk menikmati hiburan secara online, membuat konsumen mulai menjelajahi berbagai format dan layanan untuk menikmati konten secara digital.

Menurut laporan dari Year in Search Google, orang-orang mencari konten yang lebih relevan secara pribadi dengan mereka. Contohnya, di bidang olahraga, penelusuran terkait sepak bola meroket hingga 300%, sedangkan “badminton” dan “pingpong” sama-sama tumbuh sebesar 40%. 

Di industri musik, penelusuran tentang ”YouTube music” mencapai kenaikan hingga 90%, “music streaming platform” meningkat sebesar 70%, sedangkan “konser musik” naik sebesar 50%. 

Tidak hanya itu, konten gim juga terus meningkat dan semakin banyak orang yang mencari komunitas gim online pilihan mereka. Fakta ini dibuktikan oleh pencarian “komunitas game” yang naik 20%. Penggemar gim juga kerap kali mencari kesempatan untuk bermain bersama melalui kata kunci “mabar online” yang naik 80%, dan penelusuran “gaming creators” naik sebanyak 60%.

Selain pencarian tentang olahraga dan gim, masyarakat juga sering mencari tentang hiburan sinetron atau film. Hal ini terbukti dari hasil penelusuran “sinetron terbaru” yang naik 40%, diikuti dengan pertumbuhan “drakor terbaru” sebanyak 30%, dan “stand-up comedy” sebesar 50%. 

Pada saat yang sama, masyarakat Indonesia juga mengonsumsi hiburan melalui berbagai platform, perangkat, dan aplikasi. Anda tidak dapat lagi mengandalkan hanya satu media untuk menjangkau pelanggan, Anda juga tidak dapat memisahkan satu jenis media dari yang lain. 

Google menyebutkan bahwa orang Indonesia senang mengeksplorasi berbagai saluran streaming agar mereka dapat menyaksikan konten favorit mereka, yang terlihat dari penelusuran “platform streaming” yang naik sebesar 60%.