Bagikan:

JAKARTA - Perusahan riset, IPSOS mengeluarkan hasil penelitiannya terkait kepuasan masyarakat Indonesia terhadap platform belanja online. Penelitian bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” ini melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce yang tersedia di Indonesia.

Riset ini mengulik aspek-aspek yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam merasakan pengalaman belanja yang holistik. Dengan menggunakan metode Online Panel, ditemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi pengalaman berbelanja online.

Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data di mana Shopee (62 persen) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46 persen), TikTok Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan bahwa sejak platform e-commerce hadir di tengah masyarakat, kecenderungan untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan pengguna dengan preferensi beragam.

"Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut,: ujar Andi dalam rilis hasil riset IPSOS yang dipblikasi secara virtual kepada media, Kamis 20 Juni.

Ia menyebut, jika diamati lebih lanjut, terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online. Misalnya, kemudahan dari ragam metode pembayaran yang ditawarkan platform e-commerce menjadi salah penilaian konsumen.

Berdasarkan hasil riset IPSOS, 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen). Salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian adalah Cash on Delivery (COD), di mana Shopee mendominasi sebesar 66% diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12 persen, dan TikTok Shop 10 persen.

Dari segi ragam preferensi yang harus dipenuhi dengan kelengkapan produk dan kategori serta diiringi oleh tersedianya toko resmi yang paling beragam Shopee kembali unggul. Sebanyak 68 persen responden menilai Shopee lebih banyak menyediakan toko resmi yang beragam dibandingkan Tokopedia (15 persen), Lazada (9 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

Konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah. Dalam hal ini, Shopee kembali memimpin di angka 64 persen, jauh melampaui Lazada (13 persen), Tokopedia (12 persen), dan TikTok Shop (11 persen).

"Keunggulan Shopee juga didukung oleh hadirnya program khusus Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui oleh 74 persen responden. Sedangkan fitur harga termurah dari platform lain mencatat asosiasi yang lebih rendah di antaranya Lazada (49 persen), Tokopedia (47 persen), dan Tiktok Shop (37 persen)," jelas Andi.

Ragam pilihan layanan pengiriman juga dinilai cukup penting oleh responden karena meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan konsumen dalam belanja online. Shopee (66 persen) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

Fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja. IPSOS menemukan 63 persen responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17 persen), Tokopedia (10%) dan Lazada (9 persen).

Andi menyebut, beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri ecommerce saat ini. Para pemain e-commerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat.

"Melalui data yang ditemukan oleh IPSOS, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang unggul dalam upaya menghadirkan pengalaman belanja holistik paling memuaskan bagi pengguna," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa riset IPSOS menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform.

"Dari data yang telah kami peroleh dan sajikan melalui riset ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat. Shopee tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen. Semua aspek ini menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling diandalkan dan direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia," jelasnya.