Bagikan:

JAKARTA - Banyaknya ancaman online yang terus bertambah, Google Workspace akhirnya terus meningkatkan privasi pelanggannya dengan membangun teknologi keamanan baru yang canggih ke dalam produknya bersama dengan Google AI.

Tahun lalu, Google Workspace telah mengaktifkan CSE (seperti enkripsi sisi klien) untuk Drive, Dokumen, Slide, Spreadsheet, dan Meet, dan hari ini dengan Google mengumumkan bahwa CSE tersedia secara umum untuk Gmail dan Kalender.

Penambahan CSE ini memungkinkan lebih banyak organisasi untuk menjadi penentu data mereka sendiri dan satu-satunya pihak yang memutuskan siapa yang memiliki akses ke sana. 

Menurut raksasa penelusuran itu, fitur CSE ini sudah diluncurkan kepada penggunanya. Mereka dapat mengirim dan menerima email atau membuat acara pertemuan dengan kolega internal dan pihak eksternal, dengan mengetahui bahwa data sensitif mereka (termasuk gambar sebaris dan lampiran) telah dienkripsi sebelum mencapai server Google.

“Kami telah mencari kemampuan untuk menjamin bahwa komunikasi terenkripsi kami tetap tidak dapat diakses oleh pihak ketiga, termasuk penyedia teknologi kami, selama beberapa waktu. Fitur-fitur yang sekarang tersedia di seluruh Google Workspace ini merupakan momen penting bagi kami," kata Shaun Bookham, UK Operations & Direktur Teknologi di PwC di blog resmi Google.

Google juga menambahkan, “Meskipun perjalanan transformasi digital setiap pelanggan berbeda-beda, dengan semua aplikasi penting Google Workspace kini tercakup dalam CSE, perusahaan dengan berbagai ukuran di semua industri dapat memanfaatkan perlindungan ini.”

Mulai hari ini, enkripsi sisi klien tersedia secara global untuk semua pelanggan dengan Workspace Enterprise Plus, Education Standard, dan Education Plus. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang enkripsi sisi klien dan cara memulainya, Google menyarankan Anda tonton presentasi mereka dari Google Cloud Next ’22.