Bagikan:

JAKARTA - Komisi Uni Eropa kini mengubah fokus barunya terhadap kasus antimonopoli App Store milik Apple. Tertuang dalam daftar keberatan yang diperbarui, berdasarkan kasus yang sedang berlangsung atas aturan App Store untuk penyedia layanan streaming musik seperti Spotify.

Penyelidikan antimonopoli ke Apple dibuka Komisi Uni Eropa pada 2020 setelah Spotify mengeluh tentang perjanjian lisensi Apple pada 2019. Di mana pengembang aplikasi harus membayar komisi 30 persen untuk semua biaya berlangganan yang datang melalui App Store.

Kemudian saat ini, Komisi Uni Eropa merevisi pernyataan keberatan awal terhadap Apple yang telah dikeluarkan pada 2021. Pernyataan tersebut awalnya menuduh Apple telah menyalahgunakan posisi dominannya dengan memaksakan teknologi pembayaran pembelian dalam aplikasinya sendiri pada pengembang streaming musik.

Selain itu, Apple juga membatasi kemampuan pengembang untuk memberi tahu pengguna iOS tentang layanan langganan musik lain yang tersedia saat mendaftar di luar App Store.

Langganan terkadang dapat dikenakan biaya tambahan saat dimulai melalui App Store dibandingkan dengan langsung di situs web aplikasi, karena pengembang berupaya mengimbangi biaya Apple sebesar 15 persen hingga 30 persen untuk langganan dalam aplikasi.

Komisi Uni Eropa menyebut Apple anti-kemudi dan kondisi perdagangan tidak adil pada saat itu, yang melanggar undang-undang antimonopoli Uni Eropa.

Aturan itu, dikatakan merugikan pengguna layanan streaming musik di perangkat seluler Apple, mengingat mereka mungkin membayar lebih dan berdampak negatif pada minat pengembang aplikasi streaming musik dengan membatasi pilihan konsumen yang efektif.

"Hari ini, Komisi Eropa mengirimkan pesan yang jelas bahwa perilaku anti-persaingan dan praktik tidak adil Apple telah terlalu lama merugikan konsumen dan pengembang yang dirugikan," kata penasihat umum Spotify, Eve Konstan dalam sebuah pernyataan.

"Kami mendesak Komisi untuk mengambil keputusan cepat dalam kasus ini untuk melindungi konsumen dan memulihkan persaingan yang adil di platform iOS," imbuhnya.

Jika Apple ditemukan melanggar undang-undang Uni Eropa, Apple dapat dikenai denda hingga 10 persen dari pendapatan tahunannya di seluruh dunia.

Namun, jika Komisi Uni Eropa lebih lanjut membatalkan aturan anti-kemudi ini dan perubahan dibuat, pengembang aplikasi seperti Spotify dan Netflix dapat memberi tahu pelanggan tentang alternatif yang lebih murah dari App Store nantinya.

Tidak jelas apakah aturan yang sama akan berlaku untuk Google Play Store, yang bersikeras pada pembatasan serupa. Menanggapi hal itu, Apple menyatakan cukup senang dengan keputusan Komisi Uni Eropa dan akan lebih memahami mereka.

"Apple akan terus bekerja sama dengan Komisi Eropa untuk memahami dan menanggapi kekhawatiran mereka, sambil mempromosikan persaingan dan pilihan bagi konsumen Eropa," ujar Apple, dikutip dari MacRumors, Rabu, 1 Maret.

"Kami senang Komisi telah mempersempit kasusnya dan tidak lagi menantang hak Apple untuk menagih komisi untuk barang digital dan mewajibkan penggunaan sistem Pembayaran Dalam Aplikasi yang dipercaya pengguna. App Store telah membantu Spotify menjadi layanan streaming musik teratas di seluruh Eropa dan kami berharap Komisi Eropa akan mengakhiri pengaduan yang tidak pantas," imbuhnya.

Spotify tidak lagi mengizinkan pelanggan untuk berlangganan melalui aplikasi iPhone-nya. Sebuah pesan di tab Premium aplikasi memberi tahu pelanggan, mereka tidak dapat meningkatkan ke Premium di aplikasi.

Tab tersebut tidak memberikan informasi atau tautan eksternal apa pun yang terkait dengan berlangganan di situs web Spotify.