Bos Gemini Cameron Winklevoss Percaya <i>Bull Run</i> Kripto Bakal Dimulai dari Asia
Salah satu pendiri Gemini, Cameron Winklevoss. (Foto; Dok. Coinmarketcap)

Bagikan:

JAKARTA - Cameron Winklevoss, salah satu pendiri bursa mata uang kripto Gemini yang berbasis di AS, meyakini bahwa kenaikan kripto berikutnya akan terjadi di Timur. Dalam cuitannya pada Minggu, 19 Februari,  Winklevoss menyatakan keyakinannya bahwa kenaikan berikutnya akan membuat kripto menjadi kelas aset global.

Menurutnya, Barat, terutama AS, hanya memiliki dua pilihan yaitu menerima atau ditinggalkan. Winklevoss menyatakan bahwa ini tidak dapat dihentikan dan menyebabkan setiap pemerintah yang tidak memberikan aturan yang jelas dan panduan yang tulus akan ditinggalkan dengan cepat.

Hal ini juga berarti kehilangan periode pertumbuhan terbesar sejak munculnya internet komersial dan kesempatan untuk membentuk serta menjadi bagian penting dari infrastruktur keuangan masa depan dunia.

Sementara itu, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) di bawah pengawasan ketat setelah tindakan penegakan hukum baru-baru ini terhadap perusahaan-perusahaan kripto.

Banyak pendukung kripto, termasuk Komisaris SEC Hester Peirce dan beberapa anggota parlemen, mengekspresikan keprihatinan bahwa SEC tidak memberikan aturan yang jelas bagi perusahaan kripto untuk patuh. Sebaliknya, Komisi memilih untuk mengambil pendekatan yang berpusat pada penegakan hukum untuk mengatur industri kripto.

Sementara itu, kota-kota di Asia seperti Hong Kong, Singapura, dan Busan di Korea Selatan, berupaya menjadi pusat kripto, dan beberapa tempat di Eropa juga berusaha untuk membangun diri mereka sebagai pusat kripto. Menurut sebuah studi oleh perusahaan pajak kripto Recap, London dinobatkan sebagai "kota yang paling siap untuk kripto".

Namun, CEO Coinbase, Brian Armstrong, dan CEO Kraken, Jesse Powell, telah memperingatkan bahwa AS berisiko kehilangan statusnya sebagai pusat keuangan jika tidak ada regulasi kripto yang jelas. Keduanya telah meminta Kongres untuk segera mengesahkan undang-undang kripto yang jelas.

Dalam era ketidakpastian regulasi kripto, Winklevoss memperingatkan bahwa perusahaan kripto harus memiliki aturan yang jelas dan panduan yang tulus agar tidak ditinggalkan.

Kenaikan kripto berikutnya mungkin akan datang dari Timur, tetapi satu hal yang pasti, kripto adalah kelas aset global dan siapa pun yang tidak memperhatikannya akan kehilangan kesempatan besar di masa depan.