Fitur <i>Stage Channels</i> Kini Bisa Berbagi Layar dan Berbalas Komentar
Discord memperluas fitur stage channels (foto: Discord)

Bagikan:

JAKARTA - Discord memperluas fitur Stage Channels yang telah diluncurkan dua tahun lalu, dengan menambahkan dukungan video, berbagi layar, dan juga obrolan teks. 

"Dua tahun lalu, kami menyoroti Stage Channels sebagai cara mudah untuk menjalankan acara komunitas. Sekarang, Stage Channels mendapatkan dukungan video, berbagi layar, dan obrolan teks," kata Discord dalam pengumumannya. 

Dengan peningkatan fitur ini, anggota grup dapat berbagi presentasi dan saling berbagi komentar serta membanjiri obrolan dengan emoji yang tersedia di sana. 

Selanjutnya, Discord akan mengizinkan hingga lima peserta untuk dapat membagikan feed video mereka pada saat yang sama. Namun, seperti biasa, audio atau video audiens tidak akan disiarkan kecuali mereka diundang untuk bergabung dengan pembicara.

Karena video menggunakan lebih banyak bandwidth daripada audio, Discord memberlakukan beberapa batasan. Setiap server yang mengaktifkan fitur komunitas gratis, mereka dapat berbagi video dan layar dalam dengan 50 orang saja, termasuk tuan rumah. 

Tetapi, untuk server yang ditingkatkan mereka dapat memiliki lebih banyak audiens, hingga 150 orang di Tahap video di Tier 2 dan 300 orang di Tier 3.

Sama seperti di saluran suara, obrolan teks akan bisa dilihat dengan mengklik "Tampilkan Obrolan" di sebelah kanan atas panel. Di sana, Anda dapat mengajukan pertanyaan atau mengomentari apa yang dibicarakan oleh pembicara. 

Selain itu, moderator memiliki kemampuan untuk hanya mengizinkan pengguna dengan peran tertentu untuk berbagi video atau layar mereka di server.

Sementara itu, saat Anda menunggu stage dimulai, Discord akan memutar musik di ruang tunggu supaya Anda tidak bosan. Jika Anda lebih suka tidak mendengarnya, Anda dapat mematikan musik dengan menekan tombol not yang ada.