Nvidia Luncurkan Pembaruan Sistem Discord yang Bikin Lemot Kinerja GPU Pengguna
Image Credit: dok. Nvidia

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi perpesanan Discord yang diinstal pada Personal Computer (PC) dan menjalankan kartu grafis Nvidia dilaporkan bekerja lebih lambat dari biasanya.

Banyak pengguna mengeluhkan peristiwa itu di forum Reddit dan Linus Tech Tips. Mereka melihat kecepatan jam memori pada kartu grafis Nvidia berkurang sebesar 200MHz.

Dan ternyata Discord adalah penyebabnya, kemungkinan besar itu terjadi karena pembaruan Discord baru-baru ini, yang menambahkan dukungan untuk streaming AV1 pada GPU Seri GeForce RTX 40.

Rata-rata, masalah itu datang ketika pengguna sedang bermain gim, tentu saja ini sangat mengganggu, mengingat Discord dibuat untuk membantu pengguna berbicara dengan teman saat bermain gim.

Namun, pelambatan memori tidak terbatas hanya pada kartu RTX 40, melainkan RTX 3080 dan RTX 3060 Ti.

Kabar baiknya, Nvidia telah meluncurkan perbaikan untuk masalah yang baru ditemukan di mana Discord terbuka di latar belakang, yang membatasi kinerja beberapa kartu grafis, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu, 4 Februari.

Menurut tweet dari perusahaan, perbaikan sistem itu bisa diunduh secara otomatis saat pengguna masuk ke Windows. Jadi, mereka tidak perlu repot mengunduh driver grafis atau pembaruan perangkat lunak lainnya secara manual.

Nvidia menyatakan, perbaikan tersebut hadir sebagai pembaruan profil aplikasi. Sebelumnya, perusahaan menerapkannya secara manual, tetapi prosesnya tidak begitu mudah dan melibatkan pengunduhan pengelola profil lalu mengekspor, mengedit, dan mengimpor ulang profil.