Begini Cara Simpan Foto atau Video Penting di Ponsel
Ilustrasi ponsel (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak pengguna smartphone yang kerap menyimpan file foto maupun video pribadi di smartphone. Nyatanya hal itu merupakan sesuatu yang berisiko cukup tinggi, pasalnya file semacam itu berpotensi bocor dalam berbagai cara. 

Berkaca dari kasus Gisel yang sudah menghapus video mesum miliknya, sebelum ponsel tersebut hilang. Artinya data yang dihapus masih akan tersimpan di memory internal ponsel. 

Menurut pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, data yang sudah dihapus itu sebetulnya tak benar-benar terhapus secara permanen. Sekalipun pengguna sudah menekan tombol 'delete' di ponsel. 

Alasannya karena setelah foto atau video apapun dihapus, file data tersebut tidak sepenuhnya hilang dari lokasi memori internal. Sederhananya, data memori itu hanya akan ditulis ulang untuk memberikan tempat kosong bagi file baru.

"Data yang tersimpan itu masih bisa ditampilkan kembali menggunakan program recovery data. Kalau sisa memory cardnya masih banyak, tingkat keberhasilan untuk merecovery data bisa sangat tinggi," ujar Alfons kepada VOI beberapa waktu lalu.

Agar file dan data privasi ini tak bisa ditampilkan lagi, pengguna perlu melakukan beberapa langkah tambahan. Beberapa cara di antaranya dengan melakukan reset factory setting atau erase all data secara menyeluruh dari ponsel.

Jika dirasa data Kamu sangat penting dan tidak ingin langsung dihapus. Ada baiknya kalian meng-encrypt storage memorinya ponsel terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengosongkan isi memori ponsel. 

Pilihan untuk meng-encrypt storage sudah ada di setiap bawaan Android. Beberapa smartphone android ada di menu setting, security, dan beberapa ada di setting, storage (penyimpanan). 

Di sana Kamu akan menemukan menu Phone storage encryption atau Encrypt SD Card content. Kalau kita aktifkan menu ini maka kalian akan diminta membuat pin atau password untuk bisa mengakses data storage kita.

Bagi sebagian orang, cara-cara ini mungkin sedikit merepotkan. Namun jika memang Kamu menyimpan data penting atau file yang bersifat privasi di ponsel, ada baiknya melakukan langkah-langkah tersebut.