Youtuber Coffeezilla Tuduh Bintang MMA Dillon Danis Promosikan Proyek NFT Palsu
Petarung MMA Dillon Danis. (foto: twitter @dillondanis)

Bagikan:

JAKARTA – Coffeezilla, seorang YouTuber dan penyelidik kripto, mengungkapkan bahwa seniman bela diri campuran Amerika, Dillon Danis, telah mempromosikan proyek NFT palsu tanpa mengungkapkan bahwa dia menerima 1.000 dolar AS (Rp15 juta) untuk iklan tersebut.

Dukungan dari banyak selebritas papan atas di dunia telah mempercepat ledakan nonfungible token (NFT) pada tahun 2021 dan 2022. Bahkan beberapa dari mereka mempromosikan proyek yang belum diperiksa kepada penggemar tanpa mengetahui apakah itu sah atau penipuan. Praktik ini mempertahankan popularitasnya pada tahun 2023 saat pasar pulih.

Dalam promosinya, Danis men-tweet gambar digital dengan URL situs web, yang menurut Coffeezilla, "secara harfiah menjelaskan S.C.A.M." Investigasi lebih lanjut dari Cointelegraph menunjukkan bahwa situs web tersebut baru dibuat pada 1  Februari 2023. Ini menjadi petunjuk penting untuk diperiksa saat memeriksa kredibilitas proyek baru.

Coffeezilla, seorang YouTuber dan penyelidik kripto, mengungkapkan bahwa seniman bela diri campuran Amerika, Dillon Danis, telah mempromosikan proyek NFT palsu

Selain itu, FAQ situs web menyebutkan bahwa tidak ada investor yang dapat memperoleh NFT "Sourz", informasi penting yang diabaikan oleh petarung MMA.

Insiden serupa yang melibatkan Kim Kardashian ditandai pada Juni 2021 oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat (SEC) ketika dia mempromosikan token crypto EthereumMax (EMAX) ke 330 juta pengikut Instagram-nya. Menurut SEC, Kardashian melanggar ketentuan anti-kampanye berlebihan dari Securities Act dengan tidak mengungkapkan 250.000 dolar AS (Rp3,7 miliar) yang dia terima untuk promosi tersebut.

Namun, Coffeezilla memastikan bahwa pengguna yang tertipu proyek penipuan NFT segera diberi tahu. Ketika pengguna mengklik tombol "Mint Sourz", mereka dialihkan ke situs web yang memperingatkan kemungkinan penipuan.

Meskipun Coffeezilla berencana untuk membagikan lebih banyak informasi melalui video lanjutan, insiden tersebut menjadi pengingat yang kuat bagi para pemberi pengaruh dan investor untuk melakukan penelitian mereka sendiri sebelum mempromosikan atau berinvestasi dalam suatu proyek.

Menurut pendiri nama samaran Atto, Little Shapes NFT, sebuah proyek yang diluncurkan pada November 2021, adalah "eksperimen sosial" yang dirancang untuk menjelaskan penipuan jaringan bot NFT skala besar di Twitter.

“Saya membutuhkan cerita yang menjual untuk memastikan tidak ada yang mengabaikan cerita yang menyakitkan,” kata Atto saat menjelaskan maksud di balik peluncuran proyek NFT.

Little Shapes dipasarkan sebagai proyek bergaya avatar yang akan datang dengan 4.444 NFT yang memungkinkan pemilik untuk berinteraksi dan mengubah karya seni secara real time.