Ada Objek Spiral Misterius Terbang di Langit Hawaii, Ini Faktanya
National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ)

Bagikan:

JAKARTA - National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) berhasil menangkap penampakan aneh sebuah spiral biru yang muncul di langit malam Mauna Kea, di Hawaii belum lama ini dengan teleskopnya, dan tidak sedikit yang mengira itu adalah UFO.

Namun, ternyata itu jauh dari kata UFO atau semacam benda milik alien, yang pada kenyataannya fenomena itu disebabkan oleh bahan bakar roket beku yang dikeluarkan selama peluncuran misi SpaceX.

Sebuah video dari pertunjukan cahaya halus ditangkap 18 Januari oleh teleskop Subaru-Asahi Star Camera yang dimiliki bersama NAOJ dan kantor berita Jepang Asahi Shimbun, terletak di atas Mauna Kea, sebuah gunung berapi yang tidak aktif di Pulau Besar Hawaii.

Dalam rekaman yang dipercepat itu, gumpalan kecil cahaya terbentang menjadi pusaran air bercahaya sempurna yang bergerak melintasi langit selama beberapa menit sebelum memudar.

"Spiral itu tampaknya terkait dengan peluncuran satelit baru perusahaan SpaceX," tulis perwakilan NAOJ di Twitter.

Peluncuran misi SpaceX yang dimaksud adalah roket Falcon 9, dimana ia berhasil lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada pukul 7:24 EST membawa Satelit Pemosisian Global (GPS) baru untuk Angkatan Luar Angkasa AS.

Melansir LiveScience, Senin, 30 Januari, tahap pertama roket, yang menyediakan tenaga penggerak utama untuk lepas landas, terpisah dari tahap kedua pembawa muatan sekitar 3 menit setelah peluncuran dan akhirnya kembali ke Bumi.

Setelah berpisah dari tahap pertama, tahap kedua menggunakan mesin kecilnya untuk mendorong dirinya sendiri ke posisi menyebarkan satelit.

Kemudian usai satelit dikerahkan, bahan bakar yang tersisa lalu dikeluarkan sebelum masuk kembali, yang menyebabkan tahap kedua memasuki putaran sebelum berhenti mengorbit dan jatuh ke Bumi di Samudra Pasifik.

Hasilnya adalah awan kristal bahan bakar beku berbentuk spiral, yang diterangi oleh sinar matahari. Ini bukan kali pertana roket SpaceX menyebabkan pertunjukan cahaya yang menyilaukan.

Pada April 2022, teleskop Subaru-Asahi Star Camera menangkap spiral cahaya yang berkilauan setelah SpaceX meluncurkan satelit mata-mata ke orbit dengan roket Falcon 9 lainnya.