Bagikan:

JAKARTA- Foto-foto baru yang menakjubkan dari wahana Euclid milik Badan Antariksa Eropa (ESA) menampilkan citra kosmos terbesar yang pernah diambil. Wahana luar angkasa yang didukung oleh Inggris ini, yang diluncurkan dari Florida musim panas lalu, mengembalikan lima foto baru dari posisinya sekitar satu juta mil dari Bumi.

Di antara foto-foto tersebut terdapat gambar galaksi spiral yang berjarak 30 juta tahun cahaya yang tampak seperti galaksi Bima Sakti kita dan awan gas dan debu yang berbentuk seperti ubur-ubur yang indah.

Ada juga 'gugus galaksi' yang jauh - beberapa galaksi yang terikat oleh gravitasi - yang ditangkap dengan detail yang 'menakjubkan' berkat sensor inframerah wahana tersebut.

Koleksi Foto yang Mengesankan

Kumpulan foto kedua ini muncul enam bulan setelah Euclid mengembalikan gambar berwarna penuh pertama dari kosmos. Koleksi baru ini mencakup nebula (kiri), galaksi spiral yang tampak seperti Bima Sakti (kanan atas), dan gugus galaksi (kanan bawah).

Messier 78

Yang paling mencolok adalah gambar nebula bernama Messier 78, yang terletak sekitar 1.600 tahun cahaya dari Bumi. Nebula adalah awan besar debu dan gas yang mengisi ruang antara bintang dan berfungsi sebagai 'pabrik' bintang baru. Nebula ini digambarkan sebagai 'pabrik bintang' yang berwarna-warni dengan bentuk yang mirip dengan ubur-ubur.

NGC 6744

NGC 6744 adalah galaksi spiral yang berjarak sekitar 30 juta tahun cahaya di konstelasi Pavo, juga dikenal sebagai Merak. Detail yang 'menakjubkan' terlihat dalam gambar baru galaksi ini, termasuk jalur debu seperti bulu yang muncul sebagai 'taji' dari lengan spiral.

Abell 2390

Abell 2390 adalah gugus galaksi – kumpulan besar banyak galaksi – yang berjarak 2,7 miliar tahun cahaya dari Bumi. Gugus galaksi adalah objek terbesar di alam semesta yang terikat oleh gravitasi mereka sendiri dan mengandung ratusan atau ribuan galaksi, plasma panas, dan banyak materi gelap.

Abell 2764

Gugus galaksi lain yang disebut Abell 2764 terlihat di kanan atas gambar keempat ini, terlihat dengan kumpulan bulatan dan lonjong yang aneh. Juga terlihat dalam gambar baru ini adalah bintang latar depan yang terang dalam galaksi kita sendiri, yang disebut V*BP-Phoenicis.

Kelompok Dorado

Kelompok Dorado adalah gugus galaksi lainnya, yang secara kolektif membentang lebih dari 1.000 tahun cahaya di langit selatan yang jauh. Asosiasi galaksi ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, dari spiral hingga datar dan berbentuk cakram.

Pencapaian Euclid

Euclid ditempatkan di L2, 'titik Lagrange kedua' di luar angkasa - posisi di ruang antara Bumi dan matahari di mana objek yang dikirim ke sana cenderung tetap berada di tempat. Misi Euclid adalah untuk memahami lebih baik dua komponen misterius yang membentuk 95 persen alam semesta – materi gelap dan energi gelap.

Materi gelap, yang tidak memantulkan atau memancarkan cahaya, mengikat galaksi-galaksi bersama-sama menciptakan lingkungan bagi bintang, planet, dan kehidupan. Sementara itu, energi gelap adalah fenomena misterius yang mendorong galaksi menjauh satu sama lain dan menyebabkan perluasan alam semesta semakin cepat.

Para ilmuwan berharap Euclid akan menjawab dua pertanyaan utama – apa hukum fisika dasar alam semesta dan bagaimana alam semesta berasal dan terbuat dari apa. Inggris telah menyumbang 37 juta pound untuk misi senilai  850 juta pound ini, di mana para ilmuwan memainkan peran penting dalam merancang dan membangun wahana tersebut dan memimpin salah satu dari dua instrumen ilmiah di dalamnya.

Dengan kontribusi ini, misi Euclid akan membuka tabir lebih dalam tentang misteri kosmos dan bagaimana struktur alam semesta terbentuk sepanjang sejarah kosmik.