10 Fungsi Satelit Buatan Manusia yang Mengrobit di Luar Angkasa
Ilustrasi satelit (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa selain satelit alami, bumi memiliki satelit buatan yang diciptakan dan diluncurkan oleh manusia? Satelit jenis ini difungsikan untuk berbagai keperluan yang bersangkutan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Lalu apa saja fungsi satelit buatan yang mengelilingi bumi?

Fungsi Satelit Buatan Manusia

Satelit buatan adalah alat yang dibuat manusia dan memiliki jalur orbit sendiri. Seperti satelit alami, mesin satelit buatan berada di luar angkasa dan mengelilingi bumi.

Menurut data Union of Concerned Scientist, satelit buatan yang mengelilingi bumi per Maret 2020 jumlahnya mencapai 2.666. Sebagian besar satelit tersebut dibuat dan diluncurkan oleh Amerika Serikat. Tak hanya Amerika, beberapa negara yang meluncurkan satelit buatan mereka seperti China, Rusia, bahkan Indonesia. Lalu apa saja fungsi satelit buatan tersebut untuk kehidupan manusia?

  1. Penelitian

Satelit buatan manusia diluncurkan untuk keperluan penelitian baik yang berkaitan dengan bumi secara langsung atau yang terkait dengan tata angkasa. Misalnya, satelit difungsikan untuk pengambilan foto bumi dari luar seperti satelit Danuri milik Korea Selatan yang sukses kirimkan gambar hitam-putih bulan dan bumi.

  1. Navigasi

Satelit juga berfungsi untuk keperluan navigasi. Misalnya, untuk menentukan arah pesawat atau untuk melakukan pemantauan posisi pesawat. Satelit juga menjadi komponen terpenting dalam teknologi GPS yang berfungsi untuk menunjukkan posisi kita dalam peta digital.

  1. Komunikasi

Satelit juga difungsikan sebagai sarana komunikasi. Televisi atau internet membutuhkan satelit agar bisa terhubung  ke jaringan. Satelit akan membantu meneruskan sinyal komunikasi dari satu wilayah ke wilayah lain di bum. Sinyal ini juga berlaku untuk komunikasi dan sarana penyiaran lain.

  1. Pemetaan Sumber Daya Alam

Satelit juga punya fungsi untuk membantu manusia memetakan persebaran sumber daya alam yang tersimpan di perut bumi. Fungsi ini banyak dibutuhkan untuk keperluan pertambangan agar hasilnya bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Militer

Militer membutuhkan satelit sebagai salah satu bentuk pertahanan. Misalnya, suatu negara menggunakan satelit untuk pemantauan wilayah musuh. Satelit juga bisa digunakan untuk mengirim data dan informasi terkait musuh yang terpantau di udara.

  1. Meramal Cuaca

Satelit juga membantu manusia untuk meramalkan cuaca di suatu wilayah. Misalnya, memantau awan dari luar bumi yang berpotensi membawa hujan di suatu wilayah. Prediksi cuaca dilakukan secara realtime sehingga akurasinya lebih tinggi.

  1. Memantau Kebakaran Hutan

Kadangkala kebakaran hutan tidak terdeteksi oleh manusia karena titik apinya berada di dalam pedalaman. Dengan adanya satelit, titik api yang muncul di kedalaman hutan bisa terdeteksi dengan mudah.

  1. Pemantauan Tingkat Polusi

Polusi udara jadi isu yang sering diangkat oleh berbagai negara. Untuk memantau tingkat polusi udara dibutuhkan satelit yang memantau kejernihan langit suatu wilayah.

  1. Sebagai Laboratorium

Satelit juga dibutuhkan sebagai laboratorium luar angkasa. Misalnya, NASA ingin meneliti planet Mars dengan mengirimkan astronot mereka. Penelitian bisa dilakukan di satelit buatan yang telah lebih dulu mengorbit di luar bumi. Salah satu negara yang memiliki laboratorium luar angkasa adalah Rusia. Selain itu ada International Space Station (ISS) yang kerap dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian.

  1. Eksplorasi

Luasnya tata surya membuat sejumlah negara berambisi untuk melakukan eksplorasi besar-besaran. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan satelit baik secara langsung maupun tidak.

Itulah informasi tentang fungsi satelit buatan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.