Polkadot Jadi Proyek Kripto yang Paling Aktif dalam Pengembangan
Proyek kripto Polkadot. (Foto; Dok. CointTurk)

Bagikan:

JAKARTA - Industri kripto kembali bangkit dari keterpurukan yang diakibatkan runtuhnya bursa kripto FTX. Namun, beberapa jaringan blockchain sedang melakukan perkembangan yang cukup signifikan.

Data terbaru dari perusahaan analisis kripto Santiment menunjukkan bahwa Polkadot (DOT) dan Kusama (KSM) adalah yang teratas dalam hal jumlah komitmen GitHub dalam 30 hari terakhir dengan skor masing-masing 441,5. Cardano (ADA), Decentraland (MANA), dan Status (SNT) menyusul di belakang dengan skor masing-masing 337.309,83 dan 308,83.

Ethereum (ETH) yang dulunya menjadi blockchain dengan pengembang paling aktif pada tahun 2022, saat ini berada di posisi kesembilan dengan skor aktivitas pengembangan sebesar 219,83 di belakang jaringan seperti Cosmos (ATOM), Filecoin (FIL), dan Internet Computer (ICP) yang masing-masing memperoleh skor 258,33, 252,67, dan 220,47.

Industri kripto mengalami musim dingin yang yang panjang dalam beberapa bulan terakhir, namun aktivitas pengembang Web3 ternyata masih terus meningkat. Laporan terbaru dari Electric Capital menyatakan bahwa jumlah pengembang Web3 aktif bulanan telah meningkat sebesar 5,4 persen menjadi lebih dari 23.300 pada tahun lalu.

Lebih tepatnya, jumlah pengembang "penuh waktu" yang didefinisikan sebagai mereka yang berkontribusi pada 76 persen dari komitmen GitHub, melonjak lebih dari 8 persen.

Aktivitas pengembang mengalami penurunan besar pada bulan Mei 2022, saat ekosistem Terra jatuh. Tiga bulan berikutnya terjadi penurunan 26 persen dalam jumlah pengembang Web3 aktif mingguan.

Namun, jumlah pengembang Web3 baru yang tercatat telah meningkat hampir 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 61.127 pengembang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pengembang di industri kripto masih terus meningkat meskipun pasar sedang mengalami kondisi yang sulit.

Secara keseluruhan, 61.127 pengembang Web3 baru tercatat telah memasuki industri ini pada tahun 2022, meningkat hampir 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dilansir CryptoPotato.