Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank Online, Lengah Dikit Uang Hilang!
Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank (foto: Towfiqu barbhuiya - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Korporasi, pengusaha atau profesional, yang menjalankan transaksi massal, lebih menyukai menerapkan Giro. Keamanan Rekening Giro menjadi perhatian bagi bank dan pemegang rekening sebab rekening ini menaruh lebih banyak simpanan likuid tanpa batasan jumlah transaksi per hari.

Keperluan akan keamanan kian penting sebab Rekening Giro dilengkapi dengan fasilitas cerukan. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menarik lebih dari yang tersedia dikala ini di akun. Kami memberi Anda daftar tip penting untuk menjaga keamanan Akun Anda Dikala Ini. Bagaimana tips menjaga keamanan rekening bank?

Kian gampang bagi pemegang Rekening Giro untuk menjalankan pembayaran dalam jumlah besar secara lancar lewat perbankan Digitalisasi atau online. Dapat dijalankan dari mana saja kapan saja, dan tak ada batas atas jumlah transaksi. Walaupun bank memakai metode keamanan multi-tier yang dilindungi enkripsi untuk transaksi komputerisasi dan ATM yang lebih aman, kewaspadaan juga bisa menolong mencegah pembohongan perbankan. Berikut daftar kiat keamanan Rekening Bank.

Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank

Ilustrasi keamanan bank online (Gambar  Onur Binay - Unsplash)
Ilustrasi keamanan password bank online (Gambar Onur Binay - Unsplash)

Ketahui tentang email phishing

Ini adalah email yang mungkin terlihat dan terasa seperti email resmi yang dikirim oleh bank Anda. Namun, mereka curang dan sering mengarahkan pengguna email ke tautan yang dipenuhi malware. Jangan bertindak berdasarkan email ini. Jika email tampak mencurigakan, Anda dapat menghubungi hotline bank Anda untuk mengonfirmasi apakah mereka benar-benar mengirimkan sesuatu yang relevan.

Hindari menggunakan hotspot wi-fi publik

Alih-alih bertanya-tanya bagaimana menjaga keamanan Akun Anda Saat Ini, hindari jaringan publik. Hotspot wi-fi publik sering dikenal tidak aman dan rentan terhadap peretasan. Di jaringan hotspot publik, peretas lebih mudah menggunakan pelacak dan mengumpulkan informasi sensitif dari sistem Anda. Anda dapat menggunakan Jaringan Pribadi Maya untuk koneksi yang aman.

Pastikan komputer Anda aman dan bebas dari malware

Pastikan sistem Anda diperbarui dan memiliki antivirus terbaru dengan perangkat lunak antimalware terpasang. Pastikan ini adalah perangkat lunak asli dan bermutu tinggi yang dibeli dari pasar. Malware dapat menginstal dirinya sendiri di komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda, melacak aktivitas online Anda, dan mencuri data sensitif.

Selalu ganti kata sandi Anda

Aturan umumnya adalah, Anda harus mengganti kata sandi setiap tiga bulan sekali. Bank mengirim pengingat tentang ini.

Keamanan situs web

Gunakan situs web resmi bank. Pakar keamanan tidak menyarankan penggunaan tautan email ke situs web. Tautan email ini bisa menjadi ancaman keamanan karena peretas menyiapkan server proxy untuk mencuri data pribadi. Cara mudah untuk mengetahui apakah situs tersebut aman adalah, periksa apakah situs tersebut memiliki sertifikat SSL aktif (fitur keamanan yang menjamin perlindungan data total). Periksa juga https:// di URL situs.

Jangan pernah membagikan detail bank Anda dengan siapa pun

Jangan pernah membagikan detail login bank, informasi kartu seperti CVV dan tanggal kedaluwarsa, atau nomor identifikasi pribadi (PIN) kepada siapa pun. Jika Anda harus menuliskannya, pastikan untuk menyimpannya dengan aman dan tidak terlihat oleh penipu jika salah tempat. Harap diingat bahwa PIN, CVV, OTP Anda adalah beberapa cara yang dapat dilakukan bank untuk mengonfirmasi bahwa transaksi tersebut telah diotorisasi oleh rekening/pemegang kartu.

Tetap waspada

Terakhir, scammer mencoba menargetkan kita saat kita paling rentan. Ini bisa terjadi saat kita bersenang-senang di bar atau restoran, atau saat kita terlalu sibuk melakukan hal lain. Banyak pelanggaran kartu terjadi di saat yang paling tidak kita duga.

Juga, jangan terlalu percaya ketika seseorang meminta informasi Anda. Tidak ada salahnya jika Anda banyak bertanya dan memverifikasi berbagai hal.

Jadi setelah mengetahui tips menjaga keamanan rekening bank, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!