Honda dan GS Yuasa Sepakat untuk Kerja Sama Produksi Baterai Lithium-ion
Honda umumkan kerja sama dengan GS Yuasa (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Honda Motor mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan GS Yuasa International Ltd. untuk mendirikan perusahaan patungan (JV) baterai lithium berkapasitas tinggi pada akhir tahun 2023.

Berdasarkan siaran persnya, kesepakatan ini diambil untuk mengatasi permintaan baterai yang kian berkembang sangat pesat. Kedua perusahaan akan bekerja menuju penelitian dan pengembangan bersama baterai lithium-ion dan metode produksi baterai yang akan sangat kompetitif di pasar global.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua perusahaan akan bekerja menuju pembentukan perusahaan patungan dengan membahas kerja sama yang luas termasuk penelitian dan pengembangan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi untuk penggunaan EV, dan metode produksi yang diperlukan. 

Kedua perusahaan juga sepakat untuk pendirian dan pengelolaan kekayaan intelektual termasuk paten yang terkait dengan penelitian dan pengembangan bersama. Mulai dari perencanaan produk yang memanfaatkan teknologi dan perencanaan saluran penjualan yang diperlukan. 

"Bersama pada baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hibrida (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat strategi elektrifikasi Honda menuju pencapaian tujuan netralitas karbon kami," kata Toshihiro Mibe, Direktur, Presiden dan Pejabat Eksekutif Perwakilan Honda Motor Co., Ltd.

Sedangkan Osamu Murao selaku Presiden dan Direktur Perwakilan GS Yuasa International Ltd. mengatakan bahwa, melalui kolaborasi baru dengan Honda ini, mereka berkontribusi pada penyebaran kendaraan listrik lebih lanjut, menawarkan kenyamanan dan ketenangan pikiran yang lebih baik kepada pelanggan di seluruh dunia dan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mewujudkan netralitas karbon.