Bagikan:

YOGYAKARTA - Rumah subsidi menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Pemerintah menyediakan program rumah subsidi di berbagai kota di Indonesia. Lantas bagaimana cara mencari lokasi rumah subsidi online?

Pemerintah melalui Kementerian Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan rumah subsidi agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa memiliki hunian dengan lebih mudah. Program ini terbukti menarik minat banyak masyarakat di berbagai daerah. 

Kini anda bisa mencari informasi mengenai rumah subsidi secara daring atau online. Jadi anda tidak perlu repot survey ke lokasi untuk mendapatkan informasi mengenai rumah incaran anda. Dengan adanya layanan ini, pencarian rumah subsidi jadi lebih praktis. 

Cara Mencari Lokasi Rumah Subsidi Online

Kementerian PUPR menyediakan tiga layanan daring atau online untuk akses informasi mengenai rumah subsidi. Jadi anda bisa mencari informasi secara online, baik harga, spesifikasi, hingga lokasi rumah subsidi. 

Berikut tiga layanan untuk mencari informasi rumah subsidi secara online. 

Situs Web Resmi Kementerian PUPR

Informasi mengenai rumah subsidi bisa anda dapatkan secara online melalui laman resmi Kementeria PUPR. Anda bisa mengakses langsung ke laman http://rumahsubsidi.pu.go.id. Website ini bisa anda buka di smartphone maupun di komputer. 

Dalam situs web ini anda dapat melihat informasi ketersediaan rumah subsidi di semua provinsi di Indonesia. Anda bisa melihat informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, luas tanah, tipe rumah, jumlah kamar, hingga nama pengembangnya. 

Cara akses informasinya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang mau dicari. Anda tinggal memilih lokasi provinsi dan kabupaten/kota di kolom yang sudah disediakan. 

Situs Web Sikumbang

Layanan lain yang menyediakan informasi mengenai rumah subsidi adalah website Sikumbang. Anda bisa mengaksesnya langsung lewat laman https://sikumbang.ppdpp.id. Laman website ini dikelola terpusat oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Rumah (PPDPP) Kementerian PUPR.

Cara mencari informasi rumah subsidi lewat laman ini sangatlah mudah. Anda tinggal masuk ke halaman web Sikumbang. Di halaman awal akan disediakan opsi pilihan lokasi yaitu: Pilih Provinsi, Pilih Kecamatan, Pilih Kabupaten/Kota, Pilih Asosiasi. 

Setelah memilih semua opsi tersebut, Anda tinggal mengklik tombol ‘Cari’. Selanjutnya akan ditampilkan hasil pencarian lokasi perumahan, unit subsidi tersedia, unit komersial tersedia, kebutuhan unit rumah, serta jumlah unit rumah yang diinginkan. 

Anda juga bisa melihat detail lokasi rumah. Saat mengklik pilihan tersebut, laman web ini akan menunjukkan informasi secara lebih detail, seperti foto rumah hingga spesifikasinya. Anda juga dapat melihat informasi alamat dan kontak Kantor Pemasaran Pengembang. 

Aplikasi Sikasep

Layanan selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mencari informasi rumah subsidi adalah aplikasi Sikasep. Platform Sikasep bisa anda unduh di Playstore. Lewat aplikasi ini, Anda bisa melihat informasi mengenai rumah subsidi yang ingin anda cari. Selain informasi rumah subsidi, aplikasi Sikasep juga menyediakan fitur lain berupa fasilitas pengajuan pinjaman KPR bersubsidi. 

Untuk mengakses aplikasi ini, anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Cara pendaftarnnya cukup mudah, anda bisa membukanya aplikasinya langsung. Syarat pendaftarannya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan NPWP. 

Untuk mencari lokasi rumah subsidi secara online di aplikasi Sikasep, langkahnya sangat mudah. Anda tinggal membuka aplikasinya. Kemudian pilih menu ‘Lokasi rumah’. Selanjutnya anda akan diarahkan untuk memilih: Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Kecamatan. 

Itulah sejumlah cara mencari informasi lokasi rumah subsidi online. Dengan adanya layanan online tersebut, kini anda tidak perlu repot-repot harus survey ke lokasi rumah incaran anda. Informasi yang disajikan pun sudah sangat lengkap meliputi, ketersediaan, tipe rumah, luas bangunan, nama pengembang, hingga foto rumahnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.