Twitter Akan Luncurkan Kode Rekomendasi Tweet Beberapa Hari Lagi!
Elon Musk akan buat Twitter lebih transparan (foto: @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Pada hari Jumat lalu, Elon Musk mengumumkan bahwa Twitter akan menerbitkan kode rekomendasi tweet dan membuat status tweet terlihat setidaknya beberapa hari ke depan. 

"Twitter akan menerbitkan kode rekomendasi tweet & membuat status tweet/tweet terlihat tidak di kemudian hari depan. Transparansi membangun kepercayaan," tulis Musk di Twitter. 

Ini bukan pertama kalinya CEO Twitter yang baru itu berbicara tentang pentingnya transparansi untuk membangun kepercayaan di platform media sosial. Pada bulan Mei lalu ia juga menunjukkan bahwa algoritme harus open source dengan intervensi manusia yang “diidentifikasi dengan jelas”. 

Dengan transparansi tersebut, Musk kemudian berharap bahwa apapun yang ada di platformnya menjadi sebuah kebenaran yang layak dipercaya. 

"Begitu banyak potensi dengan Twitter untuk menjadi forum yang paling terpercaya & inklusif secara luas di dunia. Itu sebabnya kita harus membersihkan bot, spam & penipuan. Dan algoritme harus open source, dengan intervensi manusia apa pun yang diidentifikasi dengan jelas. Kemudian, kepercayaan akan layak," ungkap Musk pada 3 Mei. 

Di sisi lain, Pada 14 Januari kemarin, Twitter meluncurkan interface baru dengan tambahan tab "For You" dan "Following" yang awalnya hanya dirilis untuk pengguna iOS saja ke pengguna Twitter di web.

Dua tab ini memungkinkan Anda untuk dapat beralih di antara dua umpan. Tab For You, akan menampilkan tweet-tweet rekomendasi dari orang yang Anda ikuti, diselingi dengan tweet yang menurut Anda mungkin Anda sukai. 

Sedangkan tab Following memungkinkan pengguna untuk melihat tweet berdasarkan waktu terbaru. Jadi, jika Anda menggeser ke tab ini, timeline Twitter akan menampilkan tweet terbaru dari akun-akun yang Anda ikuti.