Bagikan:

JAKARTA – Bangkrutnya FTX telah menyeret sejumlah pihak penting termasuk dari pemerintahan dan regulator. Kali ini, penasihat umum Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Dan Berkovitz dipecat dari SEC pada Kamis kemarin. Secara resmi, Berkovitz akan meninggalkan SEC pada 31 Januari mendatang.

Posisinya digantikan oleh Megan Barbero, wakil penasihat umum di SEC. Berkovitz mengucapkan perpisahannya dengan SEC dan berharap agensi tersebut dapat meningkatkan perlindungan investor.

"Setelah tiga puluh empat tahun pelayanan publik, sekarang saatnya bagi saya untuk mengejar tantangan dan peluang baru dan berbeda," kata Berkovitz.

"Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa untuk bekerja dengan begitu banyak orang yang sangat berbakat dan berdedikasi di seluruh agensi ini untuk berkontribusi pada keberhasilan misi SEC untuk meningkatkan perlindungan investor, memperkuat pasar modal kita, dan memfasilitasi pembentukan modal," tambahnya.

Berkovitz mulai bekerja di SEC pada bulan November tahun lalu. Sebelumnya, ia bekerja sebagai Komisaris di Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) selama tiga tahun. Di kedua lembaga tersebut, Berkovitz bekerja dengan Ketua SEC saat ini, Gary Gensler.

"Saya berterima kasih atas layanan publik Dan yang luar biasa dan dedikasinya terhadap lembaga ini," kata Gensler.

"Dan telah memimpin Kantor Penasihat Umum selama masa di mana kami telah mengusulkan reformasi penting di seluruh pasar modal. Nasihat, penilaian, dan kepemimpinannya sangat berharga bagi pekerjaan kami di SEC. Saya telah diberkati untuk bekerja dengan Dan di dua regulator pasar yang hebat, dan saya mengucapkan selamat kepadanya selama 34 tahun dalam pelayanan publik," tambah ketua SEC Gary Gensler, mengomentari kepergian Berkovitz.

Dan Berkovitz sempat diajak makan malam oleh pendiri FTX, Sam Bankman-Fried. Tidak menutup kemungkinan SBF dan Berkovitz memiliki hubungan akrab. Washington Examiner melaporkan bahwa Berkovitz bergabung dengan Bankman-Fried, Penasihat Umum FTX Ryne Miller, dan Presiden FTX saat itu, Brett Harrison, untuk makan malam di restoran mewah India Rasika West End pada Oktober 2021.

Pada saat itu, Bankman-Fried sedang melakukan lobi dan Berkovitz bertugas di CFTC (Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas), salah satu lembaga AS yang mengatur pasar kripto. Meskipun detail pasti dari percakapan mereka tidak diketahui, beberapa laporan menyatakan bahwa Bankman-Fried ingin memengaruhi CFTC untuk mengizinkan pengguna FTX meminjam uang perdagangan.

Laporan lain menunjukkan bahwa Bankman-Fried sering bertemu dengan pejabat CFTC selama perjalanannya ke Washington selama setahun terakhir. Bankman-Fried tampaknya telah melakukan pencarian untuk memudahkan FTX menjadi pemain dominan di pasar kripto.

Bankman-Fried juga dikenal karena sumbangannya yang murah hati kepada partai Demokrat. Laporan menunjukkan bahwa ia mungkin telah menyumbangkan hingga 40 juta dolar AS dalam siklus politik ini, dilansir CoinSpeaker.

Pada 11 November 2022, FTX resmi mengajukan perlindungan kebangkrutan. Tidak lama setelah itu, posisi Sam Bankman-Fried digantikan John Ray III dari posisi CEO. Laman web resmi perusahaan rekanan FTX, Alameda Research, tidak dapat diakses. Kemudian, SBF ditangkap kepolisian Bahama dan diekstradisi ke AS. Pendiri FTX itu dibebaskan dari hukuman penjara dengan uang jaminan. Posisinya diturunkan jadi tahanan rumah. Tidak lama setelah itu, CEO Alameda Research mengaku bersalah atas dugaan mendalangi aksi penipuan bersama SBF.