Pemerintah Spanyol Kucurkan Dana Rp132 Miliar untuk Kembangkan Metaverse dan Video Game
Spanyol kucurkan dana untuk proyek metaverse dan video game. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Metaverse telah menarik perhatian perusahaan dan pemerintahan di berbagai negara. Yang terbaru, pemerintah Spanyol melalui Kementerian Kebudayaan Spanyol menggelontorkan dana senilai 8 juta euro (setara Rp132 miliar) untuk pengembangan metaverse dan video game.   

Dengan begitu, pemerintah Spanyol mengakui pentingnya nilai industri metaverse dan gim di negara tersebut. Ini merupakan program kedua peningkatan dana pemerintah untuk metaverse. Sebelumnya, pemerintah hanya mengucurkan dana sebesar 1 juta euro untu sektor tersebut.  

Nantinya, dana itu akan dihibahkan ke 25 proyek metaverse dan video game terpilih sebagai bagian dari program “Rencana Pemulihan, Transformasi, dan Ketahanan.” Program ini ditujukan untuk memperkuat digitalisasi dan modernisasi aspek ekonomi di Spanyol. Negara lain, Korea Selatan, terlebih dulu mengucurkan dana untuk investasi di metaverse.

Metaverse Sebagai Bagian dari Budaya

Menurut Menteri Kebudayaan Spanyol, Miquel Iceta, industri video game memiliki peran besar dalam transformasi model produktif Spanyol. Tentang hibah ini, Iceta menyatakan bahwa mereka "akan berkontribusi untuk mempromosikan proyek-proyek UKM [usaha kecil dan menengah] kami dan pekerja mandiri kami, sehingga mengkonsolidasikan citra Spanyol sebagai pusat audiovisual referensi, juga di sektor videogame."

Melansir Bitcoin.com News, sebagai bagian dari komitmen ini, video game, sebagai pengalaman metaverse, sekarang akan dianggap sebagai kreasi budaya. Ini berarti bahwa sekarang Perpustakaan Nasional Spanyol harus melestarikannya sebagai warisan Spanyol, dan mereka akan dikumpulkan untuk memastikan pelestarian untuk generasi mendatang.

Sektor pengalaman imersif sangat penting di negara ini, di mana video game adalah pilihan hiburan audiovisual paling populer di Spanyol, melampaui film. Inilah sebabnya mengapa Iceta ingin menempatkan Spanyol di tempat di mana Spanyol dapat bersaing dengan negara lain dalam industri ini dan mengekspor game-nya ke negara lain. Pasar video game Spanyol juga diperkirakan akan tumbuh 20 persen setiap tahun, sehingga ukurannya mungkin akan melewati angka 2,3 miliar euro (2,44 miliar dolar AS) pada tahun 2024.