Penelitian Terbaru Ungkap TikTok Jadi Sarang Dua Konten Berbahaya Ini
TikTok menampilkan konten eating disorder atau gangguan makan dan adegan bunuh diri ke beberapa akun baru. (fok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan algoritme rekomendasi video TikTok menampilkan konten eating disorder atau gangguan makan dan adegan bunuh diri ke beberapa akun baru.

Penelitian yang dilakukan oleh Center for Countering Digital Hate (CCDH) menyatakan, rata-rata akun baru itu dimiliki remaja, dan saat meneliti, mereka melihat satu akun menampilkan konten bunuh diri dalam waktu 2,6 menit.

Akun lain menyarankan konten gangguan makan dalam waktu delapan menit. Tab For You menawarkan aliran video yang disarankan kepada pengguna sesuai dengan jenis konten yang mereka gunakan di aplikasi.

Perusahaan media sosial mengatakan rekomendasi didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk video yang disukai, ikuti, bagikan, dan pengaturan perangkat seperti preferensi bahasa.

Badan amal gangguan makan Inggris, BEAT mengatakan temuan itu sangat mengkhawatirkan dan telah meminta TikTok mengambil tindakan segera untuk melindungi pengguna yang rentan.

Alur Penelitian CCDH

CCDH menyiapkan dua akun baru yang berbasis di Inggris, Amerika Serikat (AS), Canada, dan Australia. Untuk masing-masing akun standar dinamai dengan pengguna wanita dan usia ditetapkan menjadi 13 tahun.

Akun kedua masing-masing negara juga menyertakan frasa menurunkan berat badan di bagian username, dikategorikan sebagai akun rentan. Para peneliti di CCDH menganalisis konten video yang ditampilkan ke laman For You setiap akun baru selama 30 menit.

Mereka hanya berinteraksi dengan video yang berkaitan dengan citra tubuh dan kesehatan mental. Hasilnya, ditemukan pengguna remaja standar disuguhi video yang berkaitan dengan kesehatan mental dan citra tubuh setiap 39 detik.

Melansir Sky News, 16 Desember, tidak semua konten yang direkomendasikan pada tingkat ini berbahaya, dan penelitian tersebut tidak membedakan antara konten positif dan konten negatif.

Namun, semua pengguna disajikan konten gangguan makan dan konten bunuh diri, terkadang dengan sangat cepat. Penelitian CCDH juga menemukan, akun yang rentan diperlihatkan konten semacam ini tiga kali lebih banyak daripada akun standar, dan akun tersebut diperlihatkan konten yang lebih ekstrim daripada akun standar.

Mengikuti temuan CCDH, TikTok adalah tuan rumah bagi komunitas konten gangguan makan yang telah mengumpulkan lebih dari 13,2 miliar tampilan di 56 tagar berbeda.

Sekitar 59,9 juta dari penayangan tersebut menggunakan tagar yang berisi video pro-gangguan makan dengan konsentrasi tinggi.

Meski begitu, TikTok mengatakan aktivitas dan pengalaman yang dihasilkan dalam penelitian tersebut tidak mencerminkan perilaku atau pengalaman menonton yang asli dari orang sungguhan.

"Kami secara teratur berkonsultasi dengan pakar kesehatan, menghapus pelanggaran kebijakan kami, dan menyediakan akses ke sumber daya pendukung bagi siapa pun yang membutuhkan," ujar juru bicara TikTok.

"Kami menyadari bahwa konten pemicu itu unik untuk setiap individu dan tetap fokus untuk mengembangkan ruang yang aman dan nyaman bagi semua orang, termasuk orang-orang yang memilih untuk berbagi perjalanan pemulihan mereka atau mengedukasi orang lain tentang topik penting ini," imbuhnya.