Inilah 5 Tips Memilih Mechanical Keyboard untuk Gamer
Ilustrasi mechanical keyboard (foto: Aditya Fajar Indrawan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mayoritas gamer lebih senang menggunakan keybord mekanis (mechanical keybord) karena lebih nyaman, tahan lama, dan lebih cepat. Oleh sebab itu, tips memilih mechanical keyboard untuk gamer perlu diperhatikan, supaya Anda dapat memilih keyboard gaming dengan durabilitas yang baik.

Mechanical keyboard adalah jenis keyboard yang menggunakan switch fisik aktual di bawah tombol untuk memberikan umpan balik taktil dan respons yang lebih baik saat mengetik atau bermain game.

Dengan umpan balik taktil dan fitur yang dapat disesuaikan, keyboard mekanis menawarkan pengalaman mengetik yang unik dan menyenangkan yang menjadikannya wajib dimiliki banyak orang.

Itulah mengapa banyak gamer yang menggunakan mechanical keyboard untuk bermain game. Nah berikut adalah hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli mechanical keyboard.

Tips Memilih Mechanical Keyboard untuk Gamer

Dikutip VOI dari laman Gamerant, Jumat, 16 Desember 2022, berikut tips memilih mechanical keyboard untuk gamer:

  1. Sesuaikan dengan Budget

Sebelum membeli mechanical keyboard, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah  melakukan riset agar mendapatkan keyboard yang sesuai dengan anggaran yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Bagi pemula, Anda tidak disarankan menghabiskan terlalu banyak uang untuk mechanical keyboard pertama Anda. Untuk harganya, mechanical keyboard biasanya dibanderol dari harga Rp200 ribuan hingga puluhan juta rupiah.

Semakin tinggi harga keyboard mechanical, semakin baik pula kualitas switch yang ada pada keyboard mechanical tersebut.

  1. Pilih Switch yang Tepat

Sakelar atau swicth adalah bagian terpenting dari keyboard mekanik. Switch menentukan bagaimana rasa tombol dan seberapa responsif mereka.

Ada tiga jenis sakelar utama, yakni linier, taktil, dan klik. Sakelar linier tidak memiliki umpan balik dan paling senyap, sementara sakelar taktil memiliki tonjolan di tengah penekanan tombol dan sedikit lebih keras daripada sakelar linier. Sementara sakelar clicky berbunyi keras dan terdengar bunyi klik saat tombol ditekan.

Ilustrasi mechanical keyboard
Ilustrasi mechanical keyboard (razer)

Jenis sakelar mekanik terbaik untuk bermain game sangat bergantung pada preferensi pribadi. Umumnya, gamer lebih memilih sakelar dengan titik aktuasi yang lebih pendek dan gaya aktuasi yang lebih tinggi.

  1. Perhatikan Layout Keyboard

Keyboard dengan layout yang tepat dapat mencapai performa terbaik. Tata letak keyboard yang umum digunakan untuk bermain game mencakup tata letak full size, Tenkeyless (TKL), dan 75%.

Umumnya, pemain game harus menghindari memilih keyboard apa pun dengan tata letak yang kurang dari 75%, karena hal ini dapat menyebabkan hilangnya fitur penting seperti tombol fungsi, yang dapat berdampak besar pada pengalaman bermain game.

Memiliki keyboard dengan deretan tombol makro juga bisa sangat bermanfaat untuk game tertentu. Tombol makro ini menawarkan akses cepat dan mudah ke perintah kompleks, meningkatkan efisiensi game, dan menyempurnakan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

  1. Perhatikan Bahan dan Daya Tahannya

Mechanical keyboard dirancang untuk memberikan kinerja yang andal selama bertahun-tahun, sehingga gamer harus memastikan bahwa keyboard yang mereka pilih terbuat dari komponen dan konstruksi yang tahan lama.

Bahan casing seperti aluminium, plastik, polikarbonat (PC), akrilik, dan bahkan casing kayu, dapat memberikan tampilan dan profil suara yang unik bagi mereka yang mencari sesuatu yang berbeda.

  1. Pertimbangankan Fitur Tambahan

Sebagian besar keyboard memiliki sifat plug and play yang bisa digunkan ketika dihubungkan ke laptop. Akan tetapi, beberapa mechanical keyboard harus dikonfigurasikan dulu dengan software tertentu.  

Software ini bisa diatur untuk beberapa hal, misalnya mengatur tombol makro yang bisa dimanfaatkan sebagai shortcut, mengatur konfigurasi RGB pada keyboard dan memantau status garansi mechanical keyboard yang digunakan.

Software ini bisa kamu atur untuk beberapa hal. Contohnya mengatur tombol makro yang bisa digunakan sebagai shorcut, mengatur konfigurasi RGB pada keyboard tersebut, dan yang paling penting untuk bisa memantau status garansi keyboard mechanical yang kamu beli maupun digunakan.

Demikian informasi seputar tips memilih mechanical keyboard untuk gamer. Semoga bermanfaat!