Razer BlackWidow V3,  <i>Keyboard Gaming Multi-Device </i>Paling Ringkas
Razer Blackwidow V3 menawarkan dua mekanisme switch bernama Razer Green dan Razer Yellow. (foto: Aditya Fajar Indrawan)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen aksesori gim ternama Razer menghadirkan keyboard Gaming baru yang berukuran ringkas, yakni Razer BlackWidow V3 Mini HyperSpeed. Berdesain minimalis, keyboard gaming ini mengusung format size 65 persen dengan tuts yang lengkap.

Bahkan beberapa tuts atau tombolnya telah dikombinasikan sesuai dengan fungsinya untuk menunjang kebutuhan penggunaan sehari-hari. Tak ketinggalan efek RGB khas Razer sebagai keyboard gaming.

Oke, tanpa perlu banyak basa-basi, berikut ini adalah hasil ulasan kami selama menggunakan dan melakukan review Razer Blackwidow V3 Mini HyperSpeed. Perlu dicatat, sebagai perbandingan review kami menggunakan tipe keyboard dengan versi mekanisme Razer Green Switch dan Yellow Switch.

Desain

Saat menerima Razer Blackwidow V3 Mini HyperSpeed, kami langsung terpukau dengan desain keyboard ini yang terlihat ringkas dan sederhana. Form factor keyboard ini terasa ringkas dan hemat ruang. BlackWidow V3 Mini HyperSpeed tetap mempertahankan tuts yang paling sering digunakan di luar susunan alfanumerik. Sehingga meminimalisir jangkauan gerak layaknya keyboard full-sized.

"Sejak perilisan Razer Huntsman Mini, kami telah mendapatkan permintaan untuk membuat sebuah keyboard nirkabel yang ringkas, yang akhirnya menghasilkan BlackWidow V3 Mini HyperSpeed, ringkas dan tanpa kabel, tapi tetap mempertahankan kunci penting untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari," kata Alvin Cheung, Wakil Presiden divisi periferal Razer beberapa waktu lalu.

Desain yang dinamis. 

Keseluruhan body berwarnanya hitam dan terbuat dari plastik yang solid, namun dengan tuts yang enak ditekan. Terdapat juga sepasang “kaki tambahan” di bagian atas keyboard yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sudut ketinggian keyboard.

Untuk mencapai tuntutan set-up yang minimalis dan bebas dari kabel, keyboard Razer BlackWidow V3 Mini HyperSpeed menggunakan konektor dongle HyperSpeed Multi-Device terbaru dari Razer. Fitur ini memungkinkan kombinasi keyboard/mouse Razer HyperSpeed yang kompatibel untuk terkoneksi ke PC hanya melalui sebuah dongle.

Dengan dukungan dongle HyperSpeed Multi-Device yang sudah tersedia pada berbagai macam produk HyperSpeed Wireless yang sudah dirilis sebelumnya, dongle terbaru ini membuat tampilan di meja anda menjadi lebih rapih dan membebaskan port USB yang sangat penting.

Keyboard Razer ini juga sudah mendukung koneksi Bluetooth yang membuat keyboard ini dengan lancar bisa beralih hingga tiga perangkat yang sudah dipasangkan. Sebuah kabel USB- Type C melengkapi opsi konektivitas, memungkinkan keyboard digunakan sembari pengisian daya pada saat yang sama dengan setiap pengisian daya penuh bertahan hingga 200 jam penggunaan.

Kenyamanan Mengetik

Razer Blackwidow V3 menawarkan dua mekanisme switch bernama Razer Green dan Razer Yellow. Unit Razer Blackwidow V3 yang kami gunakan dan review menggunakan switch Razer Green dengan spesifikasi gaya aktuasi 50g, titik aktuasi 1,9mm, dan perbedaan 0,4mm antara titik aktuasi.

Tiap tombol dari Razer Blackwidow V3 berjenis ABS double shot. Jenis tombol ini membuat keycaps pada keyboard memberikan daya tahan dan kenyamanan yang lebih baik daripada plastik biasa.

Diklaim, mekanisme switch Razer Green ini mampu bertahan sampai 80 juta penekanan. Terasa beda memang feel-nya apabila dibandingkan dengan keyboard gaming harga 500 ribuan.

Ketika kami menggunakan Razer Blackwidow V3 selama beberapa minggu untuk kebutuhan review. Tiap tuts yang kami gunakan terasa tactile saat ditekan, berkat switch Razer Green bunyi “click” atau “klak” setiap menekan tombol terbilang nyaring dan memberikan kesenangan tersendiri saat mengetik.

Jika tidak terlalu suka dengan bunyi keyboard yang clicky, Razer menghadirkan varian Yellow Switch yang linear dan senyap dengan peredam suara. Sehingga tidak memberikan suara clik atau klak yang mengganggu.

Mekanisme Razer Green Switch dan Yellow Switch

Fitur Razer Synapse

Membahas soal fitur di keyboard Razer, tentu tak terlepas dari aplikasi Razer Synapse. Aplikasi ini akan terinstal secara otomatis saat menghubungkan perangkat dongle Razer ke PC maupun laptop.

Melalui aplikasi Synapse, kamu dapat mengatur keyboard sesuai keinginan, mulai dari memetakan tiap tombol, membuat entri makro, mengontrol pencahayaan RGB, mengatur Razer Hypershift, sampai sinkronasi pengaturan melalui sistem cloud.

Di bagian Lighting, kamu dapat menyesuaikan tampilan maupun efek lampu RGB pada keyboard. Berdasarkan catatan Razer, kombinasi efek RGB yang ditawarakan keyboard ini mencapai 16,8 juta spektrum warna yang tersedia pada pengaturan Chroma Studio di fitur Lighting Razer Blackwidow V3 Mini HyperSpeed.

Kesimpulan dan Harga

Harga Razer BlackWidow V3 Mini HyperSpeed tergolong mahal, sekitar Rp2.7 jutaan. Namun bagi gamer yang ingin menghadirkan desain minimalis namun dengan fitur serta kenyamanan, keyboard ini bisa menjadi pilihan tepat dan layak untuk dibeli.

Mekanisme switch Razer Green maupun Yellow sungguh memberi pengalaman dan kenyaman yang menarik. Tiap tombol yang ditekan terasa clicky dengan suara nyaring yang bisa memberikan kesenangan tersendiri bagi penggunanya.