GM Resmi Meluncurkan Program Pengisian Komunitas Dealer di AS dan Kanada
Flo akan memasok stasiun pengisi daya untuk Program Pengisian Komunitas Dealer (foto: Flo)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors (GM) resmi meluncurkan Program Pengisian Komunitas Dealer dengan memasang stasiun pengisian daya EV pertamanya di Wisconsin dan Michigan.

Program ini adalah program hasil kolaborasi GM dengan Flo yang pertama kali diumumkan pada tahun 2021 yang menghadirkan pengisian AC untuk EV dengan 19,2 kW ke lokasi di komunitas yang dipilih oleh dealer GM lokal. 

FLO dipilih sebagai penyedia stasiun pengisian daya AC untuk program tersebut dan perusahaan akan menyediakan stasiun pengisian awal. 

Melalui Program Pengisian Komunitas Dealer, GM dan dealernya bekerja sama untuk memperluas akses pengisian daya di masyarakat, termasuk daerah pedesaan dan perkotaan yang kurang terlayani di mana pengisian EV seringkali terbatas atau tidak ada. 

Dari total 1.000 dealer yang berpartisipasi, masing-masing dealer berhak menerima hingga 10 stasiun pengisian daya Level 2 19,2 kilowatt. GM kemudian menghubungkan dealer dengan penyedia instalasi sesuai kebutuhan untuk menempatkan stasiun pengisian daya di lokasi komunitas utama.

Melalui program ini, GM memiliki target akhir, di mana perusahaan akan memasang hingga 40.000 stasiun pengisian Level 2 di seluruh AS dan Kanada, hampir dua kali lipat jumlah stasiun pengisian publik Level 2 saat ini. 

Bukan hanya untuk pelanggan GM saja, stasiun pengisian daya ini akan tersedia untuk semua pengemudi EV, dan akan memberikan daya paling banyak yang tersedia untuk pengisi daya Level 2.

“Hampir 90% populasi AS tinggal dalam jarak 10 mil dari dealer GM. Dealer kami sangat terlibat dan dipercaya dalam komunitas mereka dan berada di posisi yang tepat untuk menentukan lokasi yang memperluas akses ke pengisian daya EV, termasuk di usaha kecil, tempat hiburan, sekolah, dan tujuan populer lainnya,” kata Hoss Hassani, wakil presiden GM EV Ecosystem dalam pengumuman di Twitter.

Louis Tremblay, Presiden dan CEO FLO mengaku sangat bangga dalam mendukung upaya luar biasa ini untuk mengembangkan akses ke pengisian EV publik di ribuan komunitas lokal di seluruh Amerika Utara. 

“Bersama-sama, FLO, GM, dan dealer GM akan menghadirkan pengisian daya yang andal bagi pengemudi dari tepi jalan hingga pedesaan," pungkas Tremblay.