Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc berencana untuk memungkinkan pengguna untuk lebih ketat mengunci foto dan catatan yang mereka simpan di layanan iCloud Apple. Bahkan menurut keterangan pembuat iPhone itu pada Rabu, 7 Desember untuk masuk dari perangkat baru memerlukan kunci keamanan fisik.

Opsi tersebut akan muncul, bersama dengan langkah keamanan lain untuk program obrolan iMessage Apple. Fitur ini terutama ditujukan untuk selebritas, jurnalis, aktivis, politisi, dan individu terkenal lainnya yang menjadi target utama peretas.

Pembuat iPhone ini juga mengatakan bahwa meskipun tidak mengetahui adanya pelanggaran ke server iCloud atau pertukaran iMessage, namun upaya peretasan terus meningkat.

Pengguna di A.S. akan dapat mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan gratis untuk penyimpanan iCloud pada akhir tahun ini. Saat dihidupkan, Apple tidak dapat membantu pengguna memulihkan foto, catatan, memo suara, dan sekitar 20 jenis data lainnya jika mereka lupa kata sandinya. Ini akan berkembang secara global tahun depan.

Opsi untuk meminta memasukkan fob keamanan ke perangkat baru untuk mengakses akun Apple diharapkan akan diluncurkan tahun depan. Rival mereka, Alphabet Inc's Google juga sudah mendukung kunci perangkat keras tersebut, yang disertifikasi oleh badan industri FIDO dan harganya sekitar 25 dolar AS.

Di iMessage, percakapan antara pengguna yang mengaktifkan Verifikasi Kunci Kontak baru tahun depan akan menerima peringatan otomatis tentang perangkat yang tidak dikenal yang berpotensi mengintai pertukaran.

Pengguna dapat memverifikasi keamanan komunikasi mereka secara manual dengan mencocokkan kode keamanan juga. Layanan obrolan aman seperti Signal menawarkan fitur yang sebanding.