Program Google, Bangkit 2023 Dibuka! Tampung Hingga 9.000 Mahasiswa
Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai rangkaian acara Google for Indonesia (G4ID) 2023 yang dilaksanakan pada Rabu, 7 Desember di Jakarta, Google mengungkapkan pembukaan program Bangkit 2023.

Bangkit adalah bagian dari inisiatif Grow with Google untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan mereka mendapatkan pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia. 

Siswa yang mendaftar ke program ini tidak hanya akan mendapatkan kompetensi dan sertifikasi secara global, tetapi mereka juga akan mempelajari soft skill seperti berpikir kritis dan manajemen waktu.

Setiap tahun, Bangkit mencatat peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar ke program tersebut, dengan lebih dari 100.000 lamaran diterima dalam tiga tahun terakhir.

Program ini merupakan sebuah pelatihan industri terkemuka untuk mahasiswa yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (di bawah program Kampus Merdeka) GoTo, Traveloka, DeepTech, dan beberapa universitas lain.

Tahun 2023 nanti, Google menaikkan kapasitas pelatihan hingga sembilan ribu siswa. Jumlahnya naik tiga kali lipat dari tahun lalu. 

Program berdurasi 900 jam ini, akan mengajarkan mahasiswa ilmu tentang machine learning, mobile development, dan cloud computing, telah menghasilkan lebih dari lima ribu lulusan Bangkit.

“Saya selalu bangga dan terinspirasi setiap bertemu dengan adik-adik lulusan Bangkit. Kami menyadari kebutuhan talenta digital dalam negeri yang sangat besar, yaitu 600.000 talenta per tahunnya. Di sinilah pentingnya kolaborasi,” ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam sambutan virtualnya di acara G4ID 2023.

“Program Bangkit hadir sebagai inisiatif pengembangan kompetensi mahasiswa untuk berkarir di dunia teknologi global, dengan harapan melahirkan para pemimpin teknologi di Indonesia yang dapat berkontribusi dalam akselerasi ekonomi digital di tanah air.” tambah Nadiem.