Aplikasi Cek Pajak Motor: Udah Ga Jaman Ngecek ke Samsat
Aplikasi Cek Pajak Motor (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mungkin untuk Anda yang mau cek pajak kendaraan, Anda kini dapat mengerjakannya dengan gampang lho. Pasalnya Anda tak perlu lagi datang ke samsat untuk mengerjakan pengecekkannya sebab kan Anda telah dapat lantas saja mengerjakannya via online. Anda belum tahu perihal metode ini? Lalu adakah aplikasi cek pajak motor?

Memang ya, saat ini Anda akan dapat mengerjakan banyak hal dengan amat gampang dan juga dengan anti ribet. Sebab kemajuan teknologi yang kian hari akan kian cepat, membikin kita gampang menemukan dan juga mengaplikasikannya. Anda pastinya mengenal dong ya, sekiranya telah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat kita pakai sekarang ini.

Dengan banyaknya aplikasi kita dapat mengerjakan apa saja dengan metode yang benar-benar gampang dan juga cepat. Tak perlu lagi kemana-mana kita dapat lakukan suatu halnya cuma di rumah saja lho ya.

Seperti saja kita menjalankan pengecekan pajak ini. Nantinya kita cuma dapat duduk di rumah sambil mengoperasikan ponsel pintar kita. Bagaimana caranya? Mari kita simak beberapa aplikasinya di bawah ini.

Aplikasi Cek Pajak Motor

Aplikasi memudahkan (Unsplash)

Cek Pajak Kendaraan 

Cek Pajak Kendaraan adalah aplikasi yang bisa membantumu mengecek status pajak cuma dengan memasukkan plat nomor kendaraan. Dengan demikian, Anda tak perlu kebingungan untuk menetapkan berapa besaran uang yang semestinya dikeluarkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Meskipun terdengar canggih, sayangnya penerapan aplikasi ini belum merata di seluruh tempat di Indonesia. Aplikasi baru dapat diterapkan untuk mengecek kendaraan di tempat DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat. Pengecekan ini akan memberimu info terperinci mengenai jumlah yang seharusnya dibayarkan dan waktu masa berlaku STNK Berakhir. 

Samsat Online 

Aplikasi cek pajak kendaraan pertama yakni Samsat Online. Aplikasi ini berfungsi untuk menjalankan peresmian STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Donasi Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Samsat Online mengakomodasi seluruh data kendaraan bermotor yang dimiliki Polri dan Polda di tiap-tiap provinsi. Data ini terintegrasi dengan data induk kependudukan yang dimiliki Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi satu ini juga bisa memudahkan untuk mengetahui nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Selain itu, aplikasi juga basal melacak pemilik kendaraan beserta alamatnya dengan memasukkan nomor polisi yang tertera dalam STNK. 

Aplikasi Sambara

Sambara adalah aplikasi untuk mengenal jumlah dan status pajak kendaraan khusus bagi pengguna di Provinsi Jawa Barat. Melalui aplikasi ini Anda juga dapat mengenal lokasi-lokasi Samsat di semua kawasan di Jawa Barat. Anda juga dapat membayar pajak secara online.

Caranya bahkan cukup gampang. Anda tinggal memasukkan plat nomor kendaraan dan semua info akan keluar via aplikasi ini. 

Sakpole E-Samsat Jateng

Sama seperti aplikasi Sambara, aplikasi Sakpole E-Samsat Jateng juga membantumu membayar pajak kendaraan bermotor online. Cuma saja aplikasi ini terbatas bagi pemakai kendaraan bermotor di Jawa Tengah.

Via aplikasi ini Anda akan terbantu untuk membayar pajak secara online dan mengenal info kendaraan. Kemudian aplikasi yang sama juga menyediakan info mengenai status kendaraan, nilai jual kendaraan, dan lokasi Samsat terdekat. 

Jadi setelah mengetahui aplikasi cek pajak motor, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!