Mengenal Berbagai Jenis <i>Keyboard</i> Komputer yang Bisa Digunakan untuk Berbagai Keperluan
Ilustrasi keyboard Qwerty di laptop (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis keyboard komputer yang dibuat untuk kepentingan penggunanya?

Keyboard komputer adalah perangkat keras yang terdiri dari berbagai macam tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Tombol paling umum pada keyboard biasanya terdiri dari huruf, angka, simbol, dan arah. Keyboard terhubung pada CPU (Central Processing Unit).

Jenis Keyboard Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, keyboard makin beragam disesuaikan dengan fungsi, tingkat kenyamanan, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi terkait jenis keyboard komputer.

  1. Jenis Keyboard Qwerty

Jenis ini paling banyak dipakai oleh masyarakat, baik pada perangkat PC maupun laptop. Disebut keyboard qwerty karena tata letak hurufnya teratas diawali dengan tombol huruf Q, W, E, R, dan T.

Jenis ini pertama kali dibuat pada tahun 1878 oleh Christoper Sholes. Tujuan diciptakan keyboard ini adalah untuk kenyamanan pengguna saat pengetikan. Keyboard qwerty memberikan beban yang lebih pada tangan kiri dibanding tangan kanan.

  1. Jenis Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak diciptakan oleh August Dvorak dan muncul pertama kali pada tahun 1932. Jenis ini diklaim lebih ergonomis dan lebih efisien 10 hingga 15 persen daripada keyboard qwerty.

Keyboard jenis ini diperkenalkan 60 tahun setelah keyboard QWERTY. Dvorak didesain agar 70 persen ketukannya jatuh di bagian home row. Susunan keyboard ini yakni "A-O-E-U-I-O" yang terletak di baris kedua (tengah) keyboard. Susunan pada Dvorak disusun dengan mekanis agar beban kerja tangan kanan lebih banyak dibanding tangan lain.

  1. Jenis Keyboard Ergonomis

Susunan keyboard ergonomis berbeda-beda tergantung pabrik yang memproduksinya. Namun secara garis besar, letak tombolnya didesain sebaik mungkin dengan mempertimbangkan posisi natural jari manusia saat melakukan pengetikan.

Beberapa pabrik menyusun keyboard ini menjadi tegal lurus, ada yang membaginya jadi dua kelompok. Keyboard jenis ini biasanya juga menyertakan wrist rest atau bantalan pergelangan tangan untuk memberikan tumpuan yang nyaman pada tangan.

  1. Jenis Keyboard Maltron

Desain fisik keyboard maltron berbeda dari keyboard biasanya karena dibuat sedikit lebih cekung ke dalam. Dengan bentuk seperti ini diklaim mampu menambah kecepatan saat mengetik. Selain itu keyboard ini juga memberikan kenyamanan dan meminimalisir Repetitive Stress Injuries (RSI).

  1. Jenis Keyboard Gaming

Jenis keyboard  gamers ini cukup familiar di kalangan masyarakat terutama yang hobi dengan game virtual. Keyboard ini tidak hanya memiliki tombol pengetikan saja, namun tombol tambahan yang memiliki fungsi tertentu saat bermain game sehingga gamers tak perlu menekan tombol kombinasi saat bermain game. Selain itu keyboard juga dibuat dengan mempertimbangkan penampilan yang berupa LED dan lampu backlight untuk memperjelas tombol.

  1. Jenis Keyboard Klockenberg

Keyboard ini memiliki bentuk yang unik karena keyboard dibagi menjadi dua bagian yang terpisah dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Posisi tombolnya dibuat lebih dekat dengan meja sehingga meningkatkan kenyamanan saat melakukan pengetikan. Namun beberapa pengguna menilai bentuk keyboard ini kurang efisien saat digunakan dan butuh lebih banyak ruang.

  1. Jenis Keyboard Numeric

Bagi Anda yang lebih banyak bekerja dengan spreadsheet, akuntansi, atau hal-hal yang berkaitan dengan keuangan cocok menggunakan keyboard numeric. Papan ketik ini hanya memiliki angka dan arrow key. Fungsi keyboard ini adalah untuk memasukkan bilangan. Letak tombolnya juga lebih dekat sehingga mempercepat pekerjaan.

Itulah beberapa jenis keyboard komputer. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.