Begini Cara Menyambungkan USB Keyboard ke Ponsel Android
 Ilustrasi USB keyboard untuk disambungkan ke ponsel Android (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat Android kini semakin berkembang dengan baik dalam berbagai aspek. Dengan perkembangan ini, masyarakat bisa menggunakan perangkat Android untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, salah satunya seperti membuat catatan.

Sayangnya, Android masih memiliki kekurangan dalam segi mengetik. Apa pun jenis keyboard alternatifnya, gerakan pengetikannya tetap tidak terlalu baik, khususnya jika Anda lebih terbiasa mengetik dengan keyboard fisik yang disambungkan ke komputer.

Tak perlu risau, Anda bisa menjadikan ponsel sebagai pengganti dari komputer. Tentu Anda perlu menyambungkan USB keyboard pada ponsel terlebih dahulu. Dilansir dari Makeuseof, ada dua tahapan yang perlu Anda lakukan agar keduanya bisa terhubung.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan adaptor USB On-the-Go (OTG). Namun, OTG lebih berfungsi di ponsel terbaru. Jika ponsel Anda merupakan ponsel keluaran lama, Anda bisa coba adaptor USB-to-Micro-USB atau USB-to-USB-C.

Setelah menyambungkan USB keyboard dengan adaptor, keyboard bisa langsung berfungsi dan bisa juga tidak. Jika tidak langsung berfungsi, coba buka Pengaturan > Sistem > Bahasa dan Masukan > Keyboard Fisik.

Setelah memilih opsi Keyboard Fisik, pilih nama keyboard yang Anda sambungkan dan pilih Set up keyboard layouts di pop-up ponsel Anda. Berikutnya, pilih layout keyboard yang diinginkan.

Seluruh langkah-langkah ini tetap kembali pada sistem pabrik, model, dan versi perangkat Anda. Namun, ada alternatif lain jika Anda ingin yang lebih mudah. Anda bisa menggunakan keyboard yang memiliki Bluetooth dan menghubungkannya dengan Bluetooth di perangkat Anda.