Bagikan:

JAKARTA – Hingga saat ini, banyak yang masih belum tahu bagaimana cara mengelola baterai ponsel dengan benar. Padahal, tanpa mengelola baterai dengan tepat, ponsel akan sulit berumur panjang.

Ada beberapa kekhawatiran mengenai cara merawat baterai. Jika Anda ingin membuat baterai ponsel menjadi lebih sehat dan tidak mudah boros, berikut ini beberapa pantangan dalam mengelola baterai ponsel yang harus Anda ketahui, dikutip dari How to Geek.

Tidak Mengisi Baterai Hingga 100 Persen

Banyak pengguna ponsel yang mengisi daya mereka saat baterainya sudah berkurang dari 20 persen, padahal hal ini tidak boleh dilakukan. Tak sedikit produsen ponsel yang melarang pengisian daya di bawah 20 persen karena dapat membuat baterai stres dan aus.

Hal yang sama akan terjadi jika ponsel terlalu lama diisi dayanya, bahkan hingga mencapai 100 persen. Pengisian daya yang tepat adalah tidak kurang dari 20 persen dan tidak lebih dari 20 persen. Tidak masala jika Anda ingin mengisi hingga 100 persen sesekali.

Jangan Mengisi Daya Semalaman

Hal berikutnya yang tidak seharusnya dilakukan adalah mengisi daya ponsel semalaman. Tak sedikit pengguna ponsel Android dan iOS yang mengisi ponsel di malam hari sebelum tidur, lalu mencabut pengisi dayanya saat mereka terbangun.

Hal ini tidak seharusnya dilakukan karena dapat merusak baterai ponsel. Saat ini, banyak produsen ponsel yang menghadirkan fitur fast charging sehingga Anda tidak perlu mengisi daya semalaman lagi. Rata-rata ponsel Android kini bisa diisi dayanya hanya dalam waktu sejam.

Hindari Mengisi Daya dari Komputer

Dalam keadaan terdesak, Anda mungkin ingin mengisi daya dengan menyambungkan kabel USB ke port di komputer. Hal ini bisa dilakukan, tetapi pengisian daya tidak akan berjalan dengan baik karena arus yang dialirkan jauh lebih rendah.

Selain itu, ponsel akan mengambil daya dari komputer dan pengisian dayanya akan berjalan sangat lambat. Dalam beberapa kasus, ponsel dan komputer Anda mungkin mengalami overheat karena pengisian dayanya tidak berjalan dengan lancar.