Bagikan:

JAKARTA – Pengguna Samsung Galaxy S24 Ultra terus menunggu pembaruan One UI 6.1.1 yang tak kunjung dirilis. Meski sudah memasuki Agustus, firmware ini masih ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.

Laporan terbaru dari 9to5google, mengungkapkan bahwa Galaxy S24 Ultra akan mendapatkan pembaruan keamanan Agustus dalam waktu dekat, tetapi pembaruan ini bukan One UI 6.1.1. Pembaruan ini juga bukan bagian dari One UI 7.

Patch keamanan Agustus menyertakan kode CVE-2024-32896 dalam sistem Samsung. Pembaruan ini hanya mengatasi masalah keamanan yang rentan dan berbagai keadaan kritis yang harus ditangani, seperti penjahat siber yang mampu mengakses perangkat.

Kabar pembaruan ini sedikit mengecewakan karena One UI 6.1.1 sudah ditunggu sejak lama. Firmware ini menyertakan peningkatan pada sistem kamera dan menambahkan fitur baru seperti Portrait Studio, Sketch to Image, dan Live Effect.

Ada kemungkinan One UI 6.1.1 diluncurkan setelah patch keamanan Agustus dirilis ke seluruh perangkat. Jika masalah keamanan di ponsel Galaxy belum juga diatasi, pembaruan One UI 6.1.1 tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Selain peluncuran One UI 6.1.1 yang lambat, pengguna Galaxy S24 Ultra juga harus menanti One UI 7 lebih lama. Firmware ini ditunda tanpa batas waktu dan tidak akan bisa diluncurkan jika One UI 6.1.1 belum dirilis ke publik.

Pada Mei lalu, pihak Samsung mengatakan bahwa One UI 7 akan rilis sekitar akhir tahun ini atau awal tahun depan. Melihat situasi pembaruan perangkat lunak Samsung yang berjalan dengan lambat, kemungkinan besar One UI 7 dirilis tahun depan.