Startup PHK Karyawan: Ternyata Alasannya Karena Beberapa Hal Ini
Alasan Startup PHK Karyawan (foto: dok. Freepik).

Bagikan:

YOGYAKARTA - Selama beberapa bulan terakhir kita telah melihat banyak perusahaan startup merumahkan karyawan secara berkala, dan hingga sekarang di tahun 2022, 10.000 karyawan yang mencengangkan telah dipecat. Tetapi mengapa ini terjadi? Apa alasan startup phk karyawan?

Jelas bagi semua orang bahwa momen ini akan tiba, namun tahun 2022 mengejutkan industri teknologi tinggi. Setelah beberapa tahun yang makmur menghabiskan uang tanpa batas untuk merekrut karyawan, mendapatkan real estate di lokasi impian, memperbaiki kondisi dan pesta mewah, perusahaan teknologi terpaksa tiba-tiba menginjak rem dan dengan cepat menghitung ulang rute mereka.

Tekanan pertama datang dari "orang-orang dengan uang", beberapa di antaranya adalah veteran dengan banyak pengalaman dengan krisis, seperti dana raksasa Amerika Sequoia, yang menuntut agar perusahaan segera melakukan pemotongan dan menyesuaikan diri dengan krisis yang sedang terjadi. 

Perusahaan teknologi tinggi di Amerika Serikat dengan cepat merespons dan memecat sekitar 20.000 pekerja dalam waktu yang sangat singkat. Perusahaan raksasa seperti Robinhood dan Coinbase, yang berada di antara teknologi tinggi dan pasar modal, memecat ribuan orang dalam satu hari. Perusahaan raksasa seperti Meta dan Intel yang stabilitasnya tidak ditakuti juga telah mengumumkan pembekuan perekrutan.

Alasan Startup PHK Karyawan

Ilustrasi kehilangan pekerjaan.jpg
Ilustrasi kehilangan pekerjaan (Unsplash).jpg

Gangguan

Startup tertentu telah mendapatkan reputasi sebagai klub anak laki-laki, terutama di sektor teknologi. Pelecehan dalam bentuk apa pun tidak boleh ditoleransi, terutama jika itu adalah pelecehan seksual/gender, karena dapat menjadi skenario mimpi buruk bagi karyawan dan dapat mengakibatkan penurunan produktivitas. Selain karena alasan finansial, moral perusahaan secara keseluruhan akan menurun, apalagi jika ada kelompok tertentu yang dilecehkan baik laki-laki maupun perempuan. 

Penindasan dapat dianggap sebagai bentuk pelecehan yang dapat membuat perusahaan bertanggung jawab, jadi menggagalkannya sejak awal sangatlah penting. Pelecehan adalah masalah yang harus ditanggapi dengan sangat serius karena tidak memiliki tempat di tempat kerja mana pun.

Mengerjakan Usaha Sendiri

Di perusahaan lain, hal ini dapat dianggap sebagai pencurian waktu, tetapi di banyak perusahaan rintisan teknologi, para pendiri mendorong staf untuk mengembangkan diri dan bereksperimen dengan ide dan proyek baru. Namun, masalahnya muncul ketika seorang karyawan mulai menghabiskan waktu perusahaan untuk usaha sampingan mereka. Sementara karyawan yang berkinerja buruk mungkin tidak memiliki waktu untuk melakukan ini, karyawan yang berkinerja lebih tinggi mungkin akan mencobanya. 

Ini dapat mengubah karyawan all-stars menjadi karyawan biasa-biasa saja dengan sangat cepat. Hal yang memalukan adalah banyak pemberi kerja tidak menyadari hal ini terjadi, karena mereka cenderung berkonsentrasi pada karyawan yang berkinerja lebih rendah saat mempertimbangkan untuk memecat seseorang. Pastikan untuk menegaskan kembali kepada karyawan bahwa usaha pribadi harus dilakukan pada waktu mereka sendiri – perusahaan tidak membayar mereka untuk melakukan pekerjaan perusahaan lain.

Efek Media Sosial 

Terutama di perusahaan rintisan teknologi, semua orang terus-menerus men-tweet atau memposting foto Instagram terbaru mereka atau berselancar di Reddit. Meskipun tidak ada yang salah dengan hal ini, tweet atau postingan yang tidak sensitif dapat melumpuhkan startup, terlebih lagi jika dilakukan oleh karyawan berpangkat tinggi yang sangat terlihat. Perusahaan kemungkinan besar harus memecat orang ini. 

Jika sebuah perusahaan gagal memecat seseorang yang telah memposting sesuatu yang seksis atau materi rasis, kelambanan ini dapat membuat seolah-olah mereka memaafkan perilaku tersebut. Fakta bahwa pelanggan dapat pergi atau menghindari kembali sebagai akibat dari pesan yang menyinggung semacam itu dapat dianggap sebagai hal yang paling penting ketika membenarkan pemecatan individu ini.

Prosedur Peringatan

Dalam kebanyakan kasus, penting untuk memberi peringatan kepada karyawan. Memecat seseorang di tempat, tanpa peringatan, dapat menciptakan suasana kantor yang negatif, dengan pekerja yang berhati-hati dalam mendekati manajemen dengan masalah atau kekhawatiran. Mendokumentasikan peringatan-peringatan ini, meskipun secara lisan, adalah penting. Sesuatu yang sederhana seperti mengirim email rekap ke individu yang ditegur dapat membantu melindungi startup.

Lindungi Startup Secara Legal

Meskipun ada beberapa startup yang memiliki sekelompok pengacara korporat sebagai pengikut, yang lain kekurangan uang, jadi prosedur sangat penting. Ada undang-undang federal yang melindungi karyawan dari diskriminasi ras, jenis kelamin, usia atau jenis kelamin.

Dokumentasi sangat penting, karena meskipun seorang manajer atau pendiri tidak berpikir seseorang akan menuntut, keyakinan itu bukanlah jaminan. Memiliki kebijakan yang tegas dan mengklarifikasinya kepada staf adalah penting sebelum memecat seseorang, karena perubahan kebijakan tanpa dokumentasi yang diketahui staf adalah tuntutan hukum yang menunggu.

Kurangi Pemecatan dengan Proses Perekrutan yang Ekstensif

Memecat karyawan tidak akan pernah berakhir sepenuhnya di perusahaan; bahkan proses pemeriksaan yang paling intens pun tidak akan menghilangkan pemecatan sepenuhnya. “Rekrut perlahan dan cepat” telah menjadi mantra dari banyak startup di industri teknologi.

Periksa calon karyawan dan tindak lanjuti dengan referensi, serta lakukan pemeriksaan latar belakang. Proses wawancara multi-langkah dengan penugasan yang jatuh tempo pada waktu tertentu juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan apakah pelamar dapat bekerja di bawah tekanan dan berorientasi pada tenggat waktu.

Memecat karyawan adalah bagian dari pekerjaan. Mempekerjakan semua orang yang tepat adalah hal yang mustahil, tetapi mengambil langkah untuk meningkatkan jumlah karyawan yang hebat sangatlah penting. Terlepas dari ukuran startup Anda, akan ada waktu untuk melepaskan orang, percaya diri saat dokumentasi dan keputusan yang benar dibuat.

Jadi setelah mengetahui startup phk karyawan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!