Daftar <i>Startup</i> Indonesia yang PHK Karyawan di Tahun 2022
Startup Indonesia yang PHK Karyawan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dampak gelombang pemutusan Hubungan kerja (PHK) massal di perusahaan startup dan perusahaan besar global masih berlanjut pada 2022.

Dan Indonesia pun tak luput dari imbasnya, beberapa perusahaan besar dan perusahaan rintisan teknologi juga alami pemotongan jumlah karyawan tahun ini. Lalu, mana saja nih Startup Indonesia yang PHK Karyawan di tahun ini?

Belum lama ini, GoTo mengonfirmasi akan mengurangi 1.300 pegawai atau 12 persen dari keseluruhan karyawan mereka.

Juru bicara GoTo Audrey Petriny mengatakan, perusahaan seharusnya mengambil keputusan susah di tengah keadaan perlambatan makro ekonomi.

Langkah serupa dicapai Ruangguru. Perusahaan mengkonfirmasi sudah menjalankan pemutusan Hubungan kerja (PHK) kepada ratusan karyawan.

Startup pengajaran (edutech) ini mengaku terkena imbas menurunnya perekonomian global.

"Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan relasi kerja ini," ujar regu Corporate Communication Ruangguru, Jumat (18/11).

Shopee juga mengumumkan keputusan untuk menentukan hubungan kerja dengan karyawannya di Indonesia pada pertengahan September (19/9). Tetapi jumlahnya tak diceritakan.

Daftar Startup Indonesia yang PHK Karyawan

Ilustrasi di PHK (Unsplash)
Ilustrasi di PHK (Unsplash)

 

Ruangguru

Ruangguru, startup pengajaran komputerisasi atau edutech mengambil langkah PHK pada ratusan karyawan per Jumat, 18 November.

Keputusan ini diambil sebab kondisi pasar global yang memburuk secara drastis.

"Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan relasi kerja ini," ungkap Regu Corporate Communications Ruangguru.

OYO

Perusahaan jaringan hotel asal India, OYO Hotels and Homes Pvt Ltd, menjalankan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 600 orang di departemen perusahaan dan teknologinya.

"Kami akan menjalankan semua yang kami dapat untuk menetapkan bahwa beberapa besar orang yang mesti kami keluarkan, menerima profesi yang menguntungkan," ujar Chief Executive Officer Ritesh Agarwal.

Sayurbox

Sayurbox, startup e-grocery, menjalankan pemutusan hubungan kerja (PHK) {kepada} 5 persen dari keseluruhan karyawan per 6 Desember 2022.

Co-Founder and Chief Executive Officer Sayurbox Amanda Susanti menuturkan PHK yakni komponen dari langkah perusahaan untuk mandiri secara finansial dan tumbuh secara sustainable (berkelanjutan) dalam rentang panjang di tengah tantangan makro ekonomi global.

Ajaib

Ajaib Grup, perusahaan investasi, menjalankan pemutusan relasi kerja kepada 67 karyawan.

Perusahaan juga memotong gaji jajaran manajemen. Para founders juga tak akan mendapatkan gaji. Hal itu dikerjakan akibat ketidakstabilan ekonomi global yang berimbas pada perusahaan.

GoTo

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo melaksanakan PHK kepada 12 persen dari keseluruhan pegawainya atau sebanyak 1.300 orang.

Ula

Ula, perusahaan rintisan (startup) Indonesia dengan suntikan dana Bos Amazon Jeff Bezos, mengambil langkah pemutusan relasi kerja  kepada 134 pegawainya.

LinkAja

Layanan keuangan komputerisasi LinkAja lakukan PHK kepada sejumlah pegawai untuk reorganisasi sumber tenaga} manusia.

Shopee Indonesia

PT Shopee Indonesia melaksanakan PHK sejumlah pegawai perusahaan pada September lalu.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menerangkan PHK adalah langkah terakhir yang mesti dicapai perusahaannya sebagai efisiensi, sesudah sebelumnya menjalankan penyesuaian lewat sebagian perubahan kebijakan bisnis.

TaniHub

PHK kepada karyawan startup pertanian TaniHub yakni imbas dari ditutupnya operasional gudang di Bandung dan Bali. Tapi, perusahaan tak menceritakan jumlah karyawan yang terdampak.

Tokocrypto

Perusahaan penjual aset komputerisasi Tokocrypto memberhentikan 45 pegawainya atau sekitar 20 persen dari 227 orang jumlah pekerja.

VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani memberi tahu pemberhentian puluhan pegawai ini lantaran perusahaan bakal menjalankan perubahan taktik bisnis searah dengan pasar kripto dan ekonomi di dunia.

Adapun yang lainnya seperti:

Mamikos

SiCepat

JD.ID

Zenius

Glints

Lummo

Xendit

Mobile Premiere Language

Pahamify

Apa saja yang menyebabkan karyawan di PHK?

Pekerja sudah menjalankan pembohongan, pencurian, penggelapan barang dana tau uang milik perusahaan. Pekerja memberikan keterangan palsu atau yang dipalsukan sehingga merugikan perusahaan. Pekerja mabuk, minum-minuman keras, menggunakan atau mengedarkan narkotika, psikotropika, dan zat aktif lainnya, di lingkungan kerja.

Berapa pesangon PHK 2022?

Masa kerja kurang dari 1 tahun mendapatkan jumlah pesangon sebanyak 1 bulan bayaran.

Masa kerja 1 tahun atau lebih tapi kurang dari 2 tahun mendapatkan jumlah pesangon sebanyak 2 bulan bayaran. Masa kerja 2 tahun atau lebih tapi kurang dari 3 tahun mendapatkan jumlah pesangon sebanyak 3 bulan bayaran.

Apa bedanya PHK dan dipecat?

PHK dan dipecat, walaupun keduanya sama-sama berarti kehilangan profesi, merupakan dua hal yang berbeda.

Dalam bahasa Inggris, PHK disebut sebagai “laid off", meskipun dipecat disebut “fired”.

Keduanya memiliki pengaruh berbeda kepada hak-hak yang akan Anda bisa dari perusahaan.

Jadi setelah mengetahui startup Indonesia yang PHK karyawan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!