Amazon Luncurkan AWS SimSpace Weaver, Layanan Komputasi Simulasi 3D Skala Besar
Ilustrasi demo dengan AWS SimSpace Weaver (foto: YouTube AWS)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon Web Service (AWS) mengumumkan peluncuran AWS SimSpace Weaver, sebuah layanan komputasi baru untuk menjalankan simulasi spasial waktu nyata di cloud dan dalam skala besar. 

Menurut blognya, SimSpace Weaver ini memungkinkan para organisasi untuk menjalankan simulasi pada situasi yang jarang, berbahaya, atau sangat mahal untuk diuji di dunia nyata. 

"Misalnya, pengelola kota tidak bisa menunggu bencana alam melanda kota untuk menguji sistem respons. Skenario seperti ini perlu disimulasikan dalam lingkungan yang aman di mana perencana dapat menguji situasi yang berbeda dan menyetel setiap sistem," tulis Marcia Villalba, Pengacara Pengembang Utama untuk Amazon Web Services.

Villalba mengklaim, dengan menggunakan SimSpace Weaver, simulasi spasial yang umumnya terbatas untuk dijalankan pada satu perangkat keras saja kini dapat dijalanlan di beberapa instans Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2).

Amazon juga membagikan sebuah demo di mana Anda dapat melihat aksi AWS SimSpace Weaver yang mensimulasikan 1 juta orang berjalan-jalan di sekitar Las Vegas.

Dengan melapisi data geospasial dengan gerombolan orang yang disimulasikan, alat ini dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana orang dapat bergerak di jalan-jalan kota yang terkomputerisasi jika mereka semua berada di jalan sekaligus.

“Dengan menggabungkan kekuatan Unreal Engine 5 dengan AWS SimSpace Weaver, pelanggan dapat menskalakan proyek City Sample kami ke lebih dari satu juta pejalan kaki interaktif. Ini membuka pintu bagi pengembang untuk membuat kembaran dan simulasi digital besar-besaran dengan tingkat realisme baru," ujar Bill Vass, wakil presiden Teknologi di AWS. 

AWS SimSpace Weaver saat ini hanya tersedia di AS Timur (Ohio), AS Timur (Virginia U.), AS Barat (Oregon), Asia Pasifik (Singapura), Asia Pasifik (Sydney), Eropa (Frankfurt), Eropa (Irlandia), dan Eropa (Stockholm), dengan ketersediaan di Wilayah AWS tambahan segera hadir.