Aplikasi Perpesanan Wickr Me Resmi Ditutup Tahun Depan, Ini Penyebabnya
Aplikasi Wicrk Me akan ditutup pada Desember 2023 (foto: Wickr)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak resmi diakuisisi oleh Amazon Web Services (AWS) pada tahun 2021 silam, Wickr mendengarkan dengan cermat masukan dari penggunanya untuk menghadirkan enkripsi end-to-end. Sampai keputusan akhir, perusahaan memutuskan untuk menghentikan layanan Wickr Me.

Wickr Me adalah sebuah layanan pesan pribadi yang dikembangkan oleh Wickr Inc. sejak tahun 2014. Perusahaan mengatakan alasan dibalik penutupan platform ini adalah karena mereka ingin memusatkan fokus pada keamanan data dan komunikasi pengguna.

"Sejak AWS mengakuisisi Wickr pada tahun 2021, kami telah mendengarkan dengan cermat pelanggan kami untuk lebih memahami kebutuhan mereka akan enkripsi end-to-end. Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, kami akan memusatkan fokus Wickr untuk mengamankan data dan komunikasi pelanggan bisnis dan sektor publik kami dengan AWS Wickr dan Wickr Enterprise, dan telah memutuskan untuk menghentikan produk konsumen kami, Wickr Me," tulis perusahaan dalam blognya, yang ditemukan oleh The Verge.

Dengan penutupan ini, Wickr tidak akan lagi menerima pendaftaran pengguna untuk Wickr Me setelah 31 Desember 2022, dan akan mulai menghentikan Wickr Me pada tahun berikutnya, yaitu 31 Desember 2023.

"Kami memahami kebutuhan pelanggan kami untuk memelihara komunikasi yang aman untuk informasi sensitif, dan kami bekerja sama dengan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan AWS Wickr," jelas perusahaan. 

AWS Wickr adalah layanan komunikasi perusahaan terenkripsi end-to-end yang memungkinkan organisasi berkomunikasi dengan lebih aman, sekaligus mendukung kewajiban penyimpanan data. 

AWS Wickr membantu pelanggan bisnis dan sektor publik mengatasi ancaman dan peraturan yang berkembang dengan menggabungkan fitur keamanan dan administratif yang dirancang untuk melindungi komunikasi sensitif, menegakkan kebijakan tata kelola informasi, dan menyimpan data sesuai kebutuhan. 

Karena itu, perusahaan menambahkan bahwa mereka sedang berupaya mengembangkan kemampuan pelanggan Wickr untuk berkomunikasi secara aman dengan individu di luar organisasi mereka.

Melansir Engadget, pengumuman ini muncul menyusul adanya sebuah laporan yang mengatakan bahwa Amazon tidak berbuat banyak untuk memerangi masalah orang yang menggunakan Wickr Me untuk bertukar materi pelecehan seksual terhadap anak. 

Sebelum penutupannya tahun depan, AWS Wickr berjanji akan memberikan lebih banyak informasi dalam beberapa bulan mendatang tentang tindakan yang dapat Anda ambil untuk menyimpan data Anda.