Bagikan:

JAKARTA - Pertukaran cryptocurrency utama terus melakukan tindakan setelah keruntuhan FTX. Kini mereka menghentikan setoran di Tether berbasis Solana.

Binance mengumumkan pada 17 November bahwa deposit USDT dan USDC berbasis Solana telah "ditangguhkan sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut" di platform.

Pertukaran menyebut token sebagai "USDT (SOL)" dan "USDC (SOL)," karena stablecoin USDT dan USDC tetap tersedia untuk disimpan melalui blockchain lain.

Binance tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang tindakan tersebut, dan menambahkan bahwa mereka "berhak atas kebijakannya sendiri untuk mengubah atau membatalkan pengumuman ini kapan saja dan untuk alasan apa pun tanpa pemberitahuan sebelumnya." Perusahaan kemudian melanjutkan deposit untuk Solana-USDT.

Pertukaran lain seperti OKX dan ByBit juga telah menghapus stablecoin berbasis Solana untuk deposit. OKX menangguhkan setoran mereka pada pukul 3:00 UTC pada 17 November, sementara ByBit dilaporkan juga menonaktifkan setoran tersebut pada 17 November.

Menurut data on-chain, suplai Solana-USDC 62% lebih besar dari suplai Solana-USDT. Jumlah total USDC yang beredar di Solana berjumlah 5 miliar USDC (sekitar 5 miliar dolar AS), atau 11% dari total kapitalisasi pasar token seperti dilaporkan Cointelegraph.

Jumlah total USDT berbasis Solana mencapai 1,9 miliar token (1,9 miliar dolar AS), atau hanya sekitar 1,3% dari total kapitalisasi pasar USDT.

Circle penerbit USDC kemudian turun ke Twitter untuk menyatakan bahwa USDC di Solana beroperasi seperti biasa dan tidak ada masalah dengan penerbitan atau penukaran stablecoin. "USDC selalu dapat ditebus 1 banding 1 untuk dolar AS. Jumlah berapa pun. Kapan saja. Gratis. Selalu," tambah perusahaan itu.

Solana adalah blockchain terdesentralisasi dengan cryptocurrency terkait, SOL, yang telah dikaitkan dengan hubungan dekat dengan pertukaran crypto bermasalah Sam Bankman-Fried, FTX. Bankman-Fried sendiri adalah investor awal di Solana melalui Alameda Research. Di tengah krisis FTX yang sedang berlangsung, SOL telah merosot bersama Token FTX dan koin terkait lainnya.

Penangguhan USDT dan USDC yang berbasis di Solana telah memicu lebih banyak lagi angka merah untuk SOL, dengan cryptocurrency anjlok 7% karena berita terbaru ini. Pada saat penulisan, SOL diperdagangkan pada 13,1 dolar AS, turun sekitar 60% selama 30 hari terakhir, menurut CoinGecko.

Berita ini muncul segera setelah Binance mengumumkan rencana untuk menghapus USDC sebagai aset yang dapat diperdagangkan dari platformnya. Pertukaran memungkinkan setoran USDC tetapi secara otomatis mengubahnya menjadi stablecoin internal, Binance USD (BUSD).