AMD Pasok Chip ke Aisin Corp untuk Teknologi Parkir Otonom
Top manajemen AMD. (foto: twitter @lisaSu)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan desain chip asal Amerika Serikat,  Advanced Micro Devices Inc (AMD) pada hari Rabu, 16 November  mengatakan perusahaan pemasok otomotif utama Jepang, Aisin Corp telah memilih prosesor mikro AMD untuk menjalankan sistem baru yang dapat membantu mobil memarkir dirinya sendiri atau secara otonom.

“Sistem parkir ini telah menjadi pijakan di pasar kendaraan yang sangat mewah saat ini. Solusi Aisin dirancang untuk menjadikan ini lebih umum, karena solusi itu sendiri dirancang agar sesuai dengan modul yang sangat hemat biaya,”  kata Wayne Lyons, Direktur Senior AMD untuk pasar otomotif kepada Reuters.

Chip tersebut bernama Zynq UltraScale+ MPSoC dan dikembangkan oleh Xilinx, yang diakuisisi oleh AMD tahun ini. Xilinx berspesialisasi dalam chip yang disebut FPGA, atau larik gerbang yang dapat diprogram lapangan. Sirkuit mereka dapat dikonfigurasi ulang setelah chip dipasang di benda-benda seperti mobil.

“Chip ini akan memungkinkan pembuat mobil untuk memperbarui tidak hanya perangkat lunak, tetapi juga chip, setelah mobil dijual,” kata Rehan Tahir, manajer pemasaran produk senior AMD untuk otomotif kepada Reuters.

Tahir mengatakan sistem parkir otomatis Aisin akan mulai diproduksi pada model 2024, tetapi menolak menyebutkan merek mobil mana yang akan menggunakannya.

Aisin adalah anggota dari perusahaan Toyota Group, Toyota Motor Corp.  yang memperkenalkan salah satu sistem bantuan parkir pertama di Jepang pada awal tahun 2000-an. Sistem, yang memandu kendaraan ke tempat parkir, ditawarkan pada tahun 2006 di Amerika Serikat pada sedan Lexus LS kelas atas, dan sekarang dipasarkan pada berbagai model Toyota dan Lexus, termasuk Prius.

Tahir mengatakan sistem Aisin bekerja dengan empat kamera dan 12 sensor ultrasonik pada mobil untuk parkir paralel dan juga kembali ke tempat parkir. “Tetapi manusia di dalam mobil harus memutuskan apakah tempat itu berada di zona larangan parkir atau tidak,” kata Tahir.

Terkait