Intel Segera Luncurkan Intel Core Generasi 12 untuk Rebut Posisi sebagai Pembuat Prosessor Tercepat
Intel luncurkan Intel Core Gen 12 November 2021

Bagikan:

JAKARTA— Intel Corp pada Rabu memperkenalkan keluarga chip prosesor baru yang lebih cepat untuk komputer pribadi dan mengatakan bahwa superkomputer yang sedang dibangun oleh pemerintah AS ini akan mencapai kecepatan dua kali lipat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Intel berusaha keras untuk mendapatkan kembali keunggulannya dalam membuat chip komputasi tercepat setelah kehilangan gelarnya dari pesaing seperti Advanced Micro Devices (AMD) dan Apple Inc. Kedua pesaing ini menggunakan mitra luar untuk membuat chip mereka, sementara Intel telah berjuang dengan operasi manufaktur internalnya.

Intel yang berbasis di Santa Clara, California telah membuat pengumuman di sebuah acara yang bertujuan membujuk pengembang perangkat lunak untuk menulis kode untuk chipnya.

Intel menunjukkan versi chip Intel Core generasi ke-12 untuk PC, yang dikenal dengan nama kode Alder Lake. Perusahaan mengatakan lini produk ini pada akhirnya akan mencakup 60 chip berbeda yang ditujukan untuk 500 model PC dari berbagai pembuat, dari laptop tipis hingga mesin yang lebih besar yang dirancang untuk para gamer.

Perusahaan mengatakan akan mengirimkan 28 versi chip ke pembuat PC, dengan "ketersediaan luas" mulai 4 November.

Intel juga mengatakan bahwa Aurora, superkomputer yang sedang dibangun Intel dengan Laboratorium Nasional Argonne Departemen Energi AS untuk pekerjaan kecerdasan buatan di pinggiran kota Chicago, akan dua kali lebih cepat dari yang direncanakan semula.

Intel mengatakan komputer ini akan melebihi 2 exaflops, yang berarti kemampuan untuk melakukan 2 quintillion - atau 2.000.000.000.000.000.000 - kalkulasi per detik.

Intel awalnya berkomitmen untuk mengirimkan komputer senilai 500 juta dolar AS tahun ini dengan kinerja 1 exaflop, tetapi penundaan manufaktur memaksanya untuk menunda pengiriman hingga tahun depan.

Sementara itu, pejabat Argonne memanfaatkan saingan Intel Nvidia Corp dan AMD untuk sistem yang lebih kecil yang dibangun oleh Hewlett Packard Enterprise Co sebagai sistem uji untuk terus mengembangkan teknologi perangkat lunak untuk mesin yang tertunda.