Rayakan Hari Angklung, Ini Rekomendasi Aplikasi Angklung Online di Play Store
Aplikasi angklung online di play store (foto: tangkapan layar Dinda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Masih dalam rangka memperingati hari Angklung yang jatuh pada 16 November, selain Google, Anda juga dapat turut serta merasakan bermain angklung. 

Tenang saja, jika Anda belum bisa bermain angklung secara langsung, masih ada aplikasi musik yang tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store yang akan memberikan Anda pengalaman bermain angklung secara real

Berikut ini adalah beberapa aplikasi musik angklung dengan rating terbaik di Play Store yang akan VOI rekomendasikan kepada Anda. 

Real Angklung

Real Angklung adalah aplikasi musik angklung yang tersedia di play store dengan total lebih dari 50 ribu unduhan. Real Angklung memiliki rating 4,3.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda bisa bermain angklung offline tanpa jaringan internet sekalipun. Ketika Anda membuka aplikasi ini, Anda akan langsung melihat delapan angklung. 

Masing-masing angklung memiliki nada yang berbeda, yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do. Anda cukup menekan salah satu angklung untuk membunyikannya. Cukup mudah bukan? 

Angklung Tuk-tuk

Meskipun baru diunduh seribu kali, Angklung Tuk-tuk memiliki rating hampir sempurna, yaitu 4,9. Fitur di Angklung Tuk-tuk juga lebih banyak, jika dibandingkan dengan Real Angklung. 

Sebelum mulai bermain, Anda akan melihat beberapa opsi di aplikasi ini. Adapun opsi itu adalah Materi (berisi sejarah angklung), Main (untuk mulai bermain angklung), Bantuan (untuk mengetahui aturan memainkan musik angklung), dan Tentang (mengenai aplikasi). 

Untuk cara memainkannya hampir sama dengan Real Angklung, Anda disediakan delapan angklung dengan nada yang berbeda. Kemudian, cukup tekan angklung untuk membunyikannya.

iAngklung

iAngklung adalah sebuah aplikasi Angklung alat musik. Cara memainkannya cukup berbeda dari dua aplikasi sebelumnya yang hanya ditekan. 

Di iAngklung ini, Anda bisa merasakan bermain angklung layaknya memainkan angklung dj dunia nyata, yaitu dengan mengguncang ponsel Anda. 

Tapi, selain cara mengguncang ponsel, Anda juga dapat memainkannya dengan cara di-slide atau digeser ke kanan dan ke kiri menggunakan jari. 

Untuk tampilannya, Anda hanya akan melihat satu angklung di layar ponsel Anda. Jadi, jika Anda ingin mengganti nada, Anda harus membuka pengaturan di sudut kiri atas, dan pilih angka yang Anda mau. 

iAngklung menyediakan angka 0-30. Masing-masing angka memiliki nada yang berbeda. Jadi, silakan dicoba.