Google Bawa Tema Warna Material You ke Chrome Versi Desktop
Google menawarkan empat saluran rilis untuk browser-nya, yakni Stabil, Beta, Dev, dan Canary. (foto: Tangkapan Layar via Reddit Leopeva64-2 / Citra)

Bagikan:

JAKARTA - Google kembali membawa fitur warna Material You ke dalam jajaran produknya, kali ini Chrome desktop yang kedapatan menjajal berbagai desain warna modern itu.

Namun, fitur ini masih dalam versi eksperimental dari browser Chrome yang populer, Canary versi 110.  Google menawarkan empat saluran rilis untuk browser-nya, yakni Stabil, Beta, Dev, dan Canary.

Fitur baru itu pertama kali dilaporkan oleh pengguna Reddit Leopeva64-2, yang menunjukkan bagaimana mengubah wallpaper tab baru secara otomatis menyesuaikan skema warna bilah alamat dan antarmuka browser.

Sebelumnya untuk mengubah skema warna Chrome, pengguna harus melakukannya secara manual, tetapi hadirnya fitur baru ini justru menyederhanakan prosesnya. Tema dinamis di desktop Chrome bekerja sedikit berbeda dari pada di Android.

Menurut Google, fitur tersebut mengaktifkan pengaturan warna tema berdasarkan warna gambar latar belakang saat gambar latar diubah di Halaman Tab Baru. Fitur ini tersedia di Mac, Windows, dan Linux, serta sistem operasi ChromeOS serta Fuchsia milik Google.

Fitur baru ini membuat peramban terasa lebih pribadi, sama seperti yang dilakukan Material You di Android. Tetapi, pengguna perlu menginstal Google Chrome Canary untuk menikmati tema dinamis Material You yang baru ini.

Meski begitu, kemungkinan besar tidak perlu waktu lama sebelum fitur tersebut tiba di versi stabil browser. Melansir The Verge, Selasa, 14 November, untuk membuatnya berfungsi, pengguna harus mengaktifkan bendera chrome://flags/#customize-chrome-color-extraction.

Tampaknya fitur tersebut berfungsi paling baik dengan wallpaper yang lebih berwarna, sedangkan latar belakang yang lebih gelap cenderung membuat antarmuka Chrome menjadi hitam, coklat, atau abu-abu.

Perubahan tema hanya terjadi saat beralih ke wallpaper yang disediakan di salah satu koleksi dari Google. Menggunakan gambar sendiri tidak akan mengubah tema UI, dan akan tetap menggunakan tema sebelumnya.

Sebagai informasi, ini adalah fitur yang mirip dengan Material You Android, menyesuaikan skema warna sistem operasi berdasarkan apa yang terdeteksi di wallpaper layar beranda pengguna.

Memulai debutnya di Android 12 tahun lalu, fitur itu kemudian diperluas dalam pembaruan Android 13 tahun ini dan Google juga telah meluncurkan opsi tema ke beberapa aplikasi Android-nya.