Market Kripto Anjlok Bukan Akhir Segalanya, Langkah Ini Bisa Jadi Pilihan
Ilustrasi (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Performa market kripto tengah gonjang-ganjing dan secara keseluruhan sedang dalam tekanan. Meski begitu, masih ada peluang keuntungan jangka panjang dengan strategi nabung kripto.

Menurut VP Growth Tokocrypto, Cenmi Mulyanto, dengan konsep nabung kripto di saat market anjlok akan mendapatkan keuntungan membeli aset dengan harga bawah atau 'diskon'.

Seperti diketahui salah satu faktor utama yang menyebabkan market tertekan kali ini dipengaruhi oleh drama yang melibatkan platform crypto exchange global yang mengalami krisis likuidasi.

"Ketika market anjlok, pergerakan aset kripto cenderung sulit diprediksi. Banyak investor setuju bahwa jalan terbaik ke depan adalah dengan mengadopsi strategi Dollar Cost Averaging (DCA) dan Buy The Dip di mana membeli sejumlah aset kripto di saat pasar mengalami koreksi bearish yang signifikan. Konsep ini bisa disebut sebagai nabung kripto," ungkap Cenmi berdasarkan pernyataan yang diterima di Jakarta.

Menurut Cenmi, market anjlok bukanlah akhir dari segalanya. Setidaknya secara historis, penurunan kripto akan selalu diikuti oleh kenaikan kuat yang membuat Bitcoin dan berbagai altcoin lain bisa mencapai kenaikan harga.

Pastikan Riset

Walaupun dengan terjadi penurunan harga atau 'diskon,' investor harus selalu melakukan riset dan tidak terbuai dengan iming-iming keuntungan yang cepat.

Investor masih harus terus mempelajari kembali berbagai jenis aset kripto yang saat ini tersedia di market atau mencari lebih banyak strategi investasi untuk mengurangi risiko kerugian di masa mendatang.

"Jadi, pastikan investor lakukan analisis mengapa harga turun, dan gali lebih dalam alasannya. Jangan fokus pada jenis-jenis kripto tertentu saja. Strategi nabung kripto bisa jadi peluang keuntungan di market," jelasnya.

Cenmi beranggapan bahwa surut investasi aset kripto merupakan sebuah fase yang umum terjadi di industri instrumen keuangan. Apalagi kripto masih terbilang merupakan instrumen investasi baru yang pertumbuhannya dibarengi dengan gejolak yang terjadi industri dan ekosistemnya.

"Prinsipnya untuk berinvestasi perlu kembali ke fundamental. Secara kolektif market kripto kemungkinan besar memiliki potensi untuk bergerak positif dalam jangka panjang. Market bearish saat ini sudah common dalam dunia kripto. Investor kripto harus selalu bersikap tenang dan tidak perlu panik," pungkas Cenmi.