Signal Resmi Luncurkan Stories di Aplikasinya, Diklaim Lebih Aman dari Medsos Lain!
Signal sekarang tampak seperti Snapchat dan Instagram.(foto: dok. signal)

Bagikan:

JAKARTA - Signal sekarang tampak seperti Snapchat dan Instagram karena baru saja menambahkan fitur Stories. Sekarang, Stories tersedia untuk semua orang di Signal, pengguna layanan pesan instan terenkripsi itu dapat membuat dan berbagi gambar, video, dan teks yang secara otomatis kedaluwarsa setelah 24 jam.

Fitur ini pertama kali diumumkan bulan lalu di forum komunitas Signal, di mana pada awalnya tersedia untuk penguji beta Signal.

Sekarang, fitur tersebut diluncurkan pada versi terbaru Signal (v6.0) untuk semua pengguna Android dan iOS hari ini. Sementara, dukungan fitur untuk desktop akan segera hadir.

Signal mengatakan bahwa seperti semua yang tersedia di aplikasinya, Stories juga dienkripsi ujung-ke-ujung dan hanya akan terlihat oleh orang yang pengguna pilih untuk dibagikan.

Pengguna bisa membagikan ke semua orang di kontak mereka yang menggunakan aplikasi, bersama dengan siapa pun yang pernah diajak bicara empat mata atau yang permintaan pesannya diterima.

Selain itu, mirip dengan opsi Close Friends Instagram, Stories Signal juga dapat membuat Stories khusus yang hanya akan tersedia untuk pemirsa tertentu yang pengguna pilih.

Kemudian, pengguna juga dapat berbagi cerita dengan grup yang ada. Artinya, semua orang di grup itu akan dapat melihat apa yang pengguna bagikan, bahkan mereka yang belum pernah berinteraksi dalam obrolan individu.

Stories Signal akan menghilang secara otomatis 24 jam setelah dibagikan, tetapi pengguna juga dapat menghapusnya secara manual jika ingin menghapusnya dengan cepat.

Fitur Stories memang sudah umum di media sosial, seperti Snapchat, Instagram bahkan layanan pesan pesaingnya WhatsApp juga sudah memilikinya lebih dahulu. Namun, perusahaan mengklaim Stories merupakan salah satu permintaan fitur paling umum dari pengguna globalnya.

“Orang-orang menggunakannya, orang-orang menginginkannya, jadi kami menyediakan cara untuk membuat Stories secara pribadi. Dan tanpa harus mengarungi lautan iklan," jelas penulis komunitas Signal Nina Berman dalam sebuah posting blog yang mengumumkan fitur seperti dikutip dari The Verge, Rabu, 9 November.

Terakhir, bagi pengguna yang tidak ingin melihat Stories pengguna lain atau membuat dan membagikannya sendiri, mereka dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan masuk ke Settings klik Stories dan pilih Turn off stories.

Signal tidak akan memberi tahu kontak atau teman mana pun bahwa pengguna telah memilih untuk tidak menonton Stories mereka.