Siap Saingi Microsoft, Zoom Luncurkan Produk Zoom Mail dan Kalender Baru
Zoom luncurkan Zoom Mail dan Calendar Clients (foto: dok. Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Mengikuti jejak Microsoft 365 dan Workspace Google, Zoom mulai memperluas evolusi platformnya. Selama acara Zoomtopia 2022, Zoom mengumumkan mengumumkan peluncuran produk barunya yaitu Zoom Mail and Calendar Clients. 

"Produk-produk baru ini bekerja sama dengan penawaran komunikasi dan kolaborasi yang sudah tersedia dalam Zoom Meetings, Phone, Whiteboard, dan Team Chat," kata Chief Product Officer Zoom, Odad Gal dalam pengumuman resminya yang dibagikan di Twitter. 

Gal mengungkapkan, layanan Zoom Mail and Calendar ini akan memiliki dua versi, yaitu versi berbayar dan gratis. 

Kedua pengguna tersebut nantinya akan dapat menghubungkan layanan email dan kalender pihak ketiga ke Zoom dan mengaksesnya melalui aplikasi desktop.

Tidak berhenti di situ, selain Zoom Mail and Calendar Clients, Zoom juga mengumumkan Zoom Mail Service (beta) dan Calendar Service (beta) baru. 

Di mana, pelanggan dengan paket Zoom One Pro atau Zoom Standard Pro di AS dan Kanada akan memiliki kemampuan untuk membuat akun email yang di-hosting oleh Zoom tanpa biaya tambahan, melalui Layanan Zoom Mail yang baru. 

"Pelanggan dengan Zoom One Business atau paket yang lebih tinggi bahkan akan memiliki kemampuan untuk mengatur domain khusus," lanjut Gal. 

Gal mengatakan, layanan Zoom Mail ini dirancang untuk usaha kecil dan menengah yang membutuhkan privasi yang ditingkatkan tanpa sumber daya TI khusus. 

Layanan Zoom Mail akan menawarkan enkripsi end-to-end (E2EE) untuk email yang dikirim langsung antara pengguna Layanan Zoom Mail aktif dan email kedaluwarsa dengan tautan terbatas akses untuk penerima eksternal.

Terkait